Brilio.net - Olimpiade Tokyo 2020 telah berlangsung sejak Jumat (23/7) lalu, di di Olympic Stadium, Tokyo. Sejumlah atlet dari Indonesia pun ikut meramaikan Olimpiade tersebut. Mereka siap beradu ketrampilan dengan negara lain demi mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Seperti yang dilakukan oleh Eko Yuli Irawan, ia baru saja meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 dari cabang angkat besi nomor 61 kg, pada Minggu (25/7) Dilansir brilio.net dari Twitter @KEMENPORA_RI, Eko berhasil menyumbangkan perak untuk Indonesia dengan total angkatan 302 kg.

Eko Yuli Irawan sumbang perak © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@KEMENPORA_RI

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"INDONESIA RAIH PERAK! Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil meraih Medali Perak pada Olimpiade Tokyo 2020. Eko Yuli turun pada kelas 61kg dengan total angkatan 302kg (Snatch 137kg, Clean and Jerk 165kg). Indonesia Juara!," tulis @KEMENPORA_RI

Eko bersaing ketat dengan lifter Tiongkok, Li Fabin untuk meraih medali emas. Dilansir dari Liputan6.com, Eko berhasil mengangkat beban 137 kg pada percobaan pertama. Sebaliknya, Li malah gagal di percobaan pertama.

Namun Eko Yuli gagal mengangkat beban 141 kg dalam dua kali percobaan di kategori snatch. Di sisi lain, Li Fabin malah melaju mulus hingga akhirnya memimpin sementara. Selanjutnya, pada kategori Clean and Jerk, Eko mengawali angkatannya di 165 kg. Eko sempat mencoba mengangkat beban 177 kg untuk mengejar ketinggalan dari Li. Sayangnya, usaha Eko tidak berbuah hasil.

Pada dua kali percobaan, Eko gagal mengangkat beban 177 kg. Sementara Li Fabin memulai Clean and Jerk dengan 166 kg. Ia lalu menaikkan angkatannya ke angka 172 kg. Selanjutnya, Li mencoba memecahkan rekor dunia di percobaan ketiganya dengan mengangkat 178 kg, namun gagal.

Akhirnya pada pertandingan sengit tersebut, Li keluar sebagai juara dengan total angkatan 313 kg. Ia unggul 11 kg dari Eko yang mengumpulkan total 302 kg. Meski gagal mendapat medali emas, Eko tetap bersyukur atas pencapaian yang ia dapat. Eko berhasil menyumbangkan medali perak untuk Indonesia.

"Saya mengucapkan terimakasih atas doa n dukungan nya selama ini mohon maaf saya gagal untuk medali emas nya sekali lagi terimakasih atas dukungan nya ," ucap Eko lewat unggahan terbarunya di Instagram.

Lewat kolom komentar, banyak warganet yang memberi ucapan selamat kepada Eko. Warganet mengaku bangga kepada Eko karena telah memberikan yang terbaik untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

"So proud ," tulis @ery_akmal76.

"congrats bang eko ," tulis @ujang_dana.

"Selamat mas eko, kami bangga," tulis @febyntka_.

"Iya emg keliatan bgt kecewa gpp smgt.. Terima kasih sudah mmberi yg trbaik ," tulis @galeryheni_real.

"Mas eko! Makasih banyak atas sumbangan medalinya! Sehat selalu ya mas ," tulis @moharifalvian.

(brl/far)