Brilio.net - Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 akhirnya lolos ke semifinal SEA Games 2017 di Malaysia setelah menang 2-0 atas Kamboja.

Kemenangan ini mengantarkan Merah Putih ke empat besar sebagai runner-up Grup B. Evan Dimas dkk berada di bawah Thailand, yang di laga lainnya secara meyakinkan mengalahkan Vietnam 3-0.

Sayang, lolosnya Garuda Muda diwarnai sejumlah aksi indisipliner pemain yang merugikan tim. Indonesia dipastikan tanpa Hansamu Yama, Marinus Wanewar dan Muhammad Hargianto di babak empat besar.

Ketiga pemain mengantongi dua kartu kuning yang menguburkan impian untuk terus menyumbangkan tenaganya bagi timnas.

Merujuk AFC Disiplinary and Ethic Code, hukuman akumulasi kartu kuning, dua kartu kuning dalam satu pertandingan, serta kartu merah dalam SEA Games, hukumannya sama bahwa pemain tersebut dilarang tampil pada laga berikutnya.

Loading...

Sementara itu, dalam poin 9.8.2 mengenai pemutihan, dijelaskan bahwa hanya pemain dengan satu kartu kuning sajalah yang akan diputihkan jika timnya lolos ke semifinal. Sedang pemutihan tidak berlaku bagi pemain yang mendapatkan dua kartu kuning selama laga.

Tentu saja ini menjadi kerugian bagi tim asuhan Luis Milla. Lebih-lebih timnas akan menghadapi tuan rumah Malaysia pada semifinal, Sabtu (26/8) mendatang.