Brilio.net - Atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusumah membuat kehebohan seusai meraih medali emas dari nomor 55-60 kg. Pada final, Hanifan mengalahkan pesilat Vietnam, Thai Linh Nguyen 3-2.

Saat itu, Hanifan berlari menuju area VIP, tempat di mana Presiden Joko Widodo dan Ketua IPSI Prabowo Subianto serta para pejabat duduk.

Hanifan menyalami Prabowo dan Jokowi. Kemudian secara spontan dirinya memeluk dua orang yang bakal bersaing pada Pemilihan Presiden 2019. Atlet asal Cimahi itu mengungkapkan kata-kata yang diucapkan Jokowi dan Prabowo saat berpelukan.

"Saya seperti kehilangan kata-kata, langsung spontan saja. Saya hanya mengucap Pak, lalu saya menggandeng tangan Pak Jokowi lalu Pak Prabowo. Setelah itu saya langsung memeluk mereka," kata Hanifan dikutip liputan6.com, Kamis (30/8).

Adegan itu pun menjadi viral. Masyarakat menilai, momen berpelukan itu membuat situasi politik Indonesia menjadi adem.

Loading...

Hanifan mengatakan kata-kata yang diucapkan Jokowi dan Prabowo saat itu. "Beliau mengucapkan selamat, tapi lebih banyak tersenyum karena kami larut dalam kegembiraan," terangnya.

Hanifan merupakan satu penyumbang medali emas untuk kontingen Indonesia dari cabang pencak silat. Pencak silat memborong medali di Asian Games 2018 dengan merah 14 medali emas dan satu perunggu.