Brilio.net - Bulutangkis merupakan cabang olahraga kegemaran banyak orang. Pertandingannya pun tak henti jadi pembahasan banyak orang. Berita terbaru ajang pertandingan olahraga ini adalah kemenangan Tommy Sugiarto sebagai juara tunggal putra dalam ajang Yonex Sunrise Indonesia Master 2015 yang diselenggarakan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Minggu (6/12) kemarin, sebagaimana dikutip dari badmintonindonesia.org.

Nah, kalau bicara manfaat bermain bulutangkis apa saja, ya? Tentu kamu sudah tahu bahwa bulutangkis bisa bikin badan sehat, melatih fokus dan ketangkasan, dan melatih kerja sama tim kalau bermain ganda. Tapi tahukah kamu ada manfaat lainnya?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Genius Beauty, Senin (7/12), ternyata bermain bulutangkis bermanfaat bagi kecantikan sekaligus kesehatan, lho. Badminton adalah jenis olahraga yang sangat dinamis sehingga bisa melatih kelompok otot yang berbeda dari pemain.

Pertama-tama, pemain bulutangkis bergerak dengan lutut ditekuk dan setengah melangkah. Nah, selama ini paha dalam dan luar, pantat, dan otot betis bekerja secara permanen. Daerah-daerah inilah yang menjadi masalah bagi semua perempuan karena tempat berkumpulnya lemak, selulit dan stretch mark.

Nah, daripada repot-repot ke gym, mending main bulutangkis saja. Bermain bulutangkis akan melibatkan otot-otot tubuhmu, termasuk area paha, pantat, dan otot betis, untuk beraktivitas lebih sehingga membantu pembakaran lemak di area tersebut.

Loading...

Nah, di sisi lain, gerakan tangan mengayunkan raket dan memukul shuttlecock bisa melatih otot lenganmu supaya tak bergelambir akibat lemak menumpuk. Selain mengenyahkan lemak di lengan, gerakan tangan saat main bulutangkis juga bisa membantu merilekskan otot bahu dan leher yang kaku selama bekerja sehari-hari.

Lantas, apa yang bisa dilakukan bulutangkis dengan perut buncitmu? Nah, gerakan memukul shuttlecock, pergerakan kaki dan tubuh ke sana kemari, dan semua gerakan lain dalam bermain bulutangkis yang melibatkan banyak otot tubuhmu, akan memperkuat juga otot-otot perut sehingga bisa membakar lemak di perutmu.

Nah, kalau kamu rutin bermain bulutangkis yang melibatkan gerakan melompat, berjalan, kemampuan kecepatan dan ketangkasan, ayunan tangan, dan pergerakan keseluruhan tubuh, kamu bisa menurunkan berat badanmu, lho. Bahkan dipercaya satu kali pertandingan bulutangkis hasilnya dalam menurunkan berat badan sama dengan berlari sepanjang kurang lebih 6 (enam) kilometer, wow! Belum lagi pelepasan emosi saat bermain bulutangkis lebih ngena ketimbang saat lari. Saat kamu nggak berhasil memukul balik shuttlecock, pasti gemes banget dan berteriak kesal. Kalau lari? Hampir jarang banget kamu mengekspresikan emosi, kan?

Jadi, selamat olahraga bulutangkis!