Brilio.net - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi boleh saja selalu bersaing memperebutkan gelar sebagai pemain terbaik dunia. Namun, kalau soal gelar akademik, 10 pemain sepak bola ini jauh mengungguli keduanya.

Walaupun sibuk dengan kariernya di lapangan hijau, mereka tetap bisa menyelesaikan pendidikan. Nggak tanggung-tanggung, ada yang kuliah di jurusan yang terkenal susah, lho! Wah, siapa saja ya mereka? Seperti sudah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, berikut bintang sepak bola yang miliki gelar sarjana, Kamis (28/4):

1. Juan Mata

foto: uefa.com

Playmaker asal Spanyol ini tak hanya menawan di lapangan tetapi juga memiliki pendidikan tinggi. Dirinya tercatat sebagai lulusan jurusan jurnalistik di Universidad Politecnica de Madrid. Tidak hanya itu saja, saat merumput di Manchester United dirinya kembali mendaftarkan diri di dua jurusan sekaligus, yaitu marketing dan ilmu olahraga yang dilakukannya secara online.

2. Frank Lampard

foto: telegraph.co.uk

Siapa yang mengira mantan gelandang legendaris Chelsea ini disebut sebagai pemain sepak bola dengan IQ tertinggi di dunia, yaitu melebih 150. Dia mengenyam pendidikan di Brentwood School dengan rata-rata nilai A. Lampard bahkan dijuluki sebagai The Professor oleh para penggemarnya.

3. Pavel Nedved

foto: reddit.com

Masih ingat dengan Pavel Nedved? Selain jadi legenda Juventus ternyata dirinya juga seorang ahli matematika! Dirinya bergelar diploma statistik saat masih berkarier di lapangan hijau.

4. Edwin van der Sar

foto: likesucces.com

Mantan penjaga gawang Belanda yang pernah meraih gelar Liga Champions bersama tiga klub berbeda ini memiliki gelar Master. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional dirinya kembali melanjutkan pendidikannya di jurusan magister manajemen olahraga dan telah lulus tahun 2013 lalu.

5. Dennis Bergkamp

foto: metro.co.uk

Legenda Timnas Belanda ini telah menyelesaikan pendidikan di jurusan teknik kedokteran University of Bath selama membela Arsenal.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melihat selanjutnya.

2 dari 2 halaman


6. Simon Mignolet
 

foto: premiereleugue.com

Pemain yang kini merumput untuk Liverpool ini memang terkenal cukup cerdas. Selain menguasai empat bahasa yaitu Jerman, Inggris, Prancis dan Belanda. Pemain kebangsaan Belgia ini juga memiliki ijazah di bidang ilmu hukum dan politik.

7. Nedum Onuoha

foto: skysports.com

Defender Queens Park Ranger ini juga memiliki gelar di bidang matematika dan bisnis. Sebuah jurusan yang tidak mudah apalagi bagi pesepakbola dengan karier yang sangat sibuk.

8. Vincent Kompany

foto: express.co.uk

Si botak kapten Manchester City ini juga memiliki pendidikan yang cukup tinggi. Dirinya bergelar master of business administration, lulusan dari Manchester Vusiness School.

9. Andrei Arshavin

foto: foxsports.com

Berbeda dengan pemain sepak bola lainnya yang kebanyakan mengambil jurusan bisnis. Pemain Rusia ini memilih jurusan fashion desain di University of Technology and Design di St. Petersburg, Rusia. Tesis untuk kelulusannya adalah 'Development of Sportswear Manufacturing'.

10. Romelu Lukaku

foto: telegraph.co.uk

Striker Belgia yang kini membela klub  Everton ini terkenal dengan kehebatannya yang mengusai enam bahasa yaitu Portugal, Spanyol, Belanda, Inggris, Prancis dan Ghana. Dirinya adalah lulusan Saint-Guidon Institute di Brussels, Belgia.