Brilio.net - Pebalap Indonesia Galang Hendra Pratama yang berlaga pada Kejuaraan World Superbike (WSBK 2018) di kelas World Supersport 300 (WSSP300) menempati posisi 10 dan langsung menembus sesi kualifikasi Superpole 2. Capaian ini diraih berdasarkan hasil kombinasi dua sesi latihan bebas.

Saat latihan bebas pertama yang digelar di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, Jumat (13/4), rider binaan Yamaha Racing Indonesia ini berada di posisi ke-10 dengan torehan waktu 2 menit 10,850 detik. Ia juga mengukir waktu tercepat dibanding hasil tes pramusim bulan lalu (16-18 Maret) dengan catatan waktu terbaik 2 menit 11,331 detik.  

Galang Yamaha  © 2018 brilio.net

Torehan ini lebih cepat dari balapan WorldSSP300 musim lalu di lintasan serupa yang ditorehkan pebalap Italia P Grassia (Tim 3570 Made in CIV) dengan catatan waktu 2 menit 12,501 detik.   

Nah secara umum 10 rider pertama yang masuk Superpole 2 adalah 10 pebalap tercepat di latihan bebas pertama. Kerennya lagi, Galang satu satunya pebalap Asia, sekaligus satu satunya pembalap Yamaha R3 yang lolos langsung ke Superpole 2 untuk menentukan 12 grid terdepan saat race.

Loading...

Galang Yamaha  © 2018 brilio.netGalang Hendra Pratama

Namun pada sesi latihan bebas kedua, pebalap berusia 19 tahun ini gagal memperbaiki catatan waktunya lantaran hujan. Pebalap asal Yogyakarta ini berada di posisi ke-3 dengan catatan waktu 2 menit 20,864 detik. Lebih lambat 1,8 detik dibanding pebalap belanda W Khan yang berada di urutan pertama.   

Meski begitu, pebalap alumnus Master Camp VR46 Academy, Tavullia, Italia ini menjadi yang terbaik diantara semua pengendara Yamaha YZF-R3. Yang jelas, hasil settingan latihan bebas kedua bakal menjadi acuan Galang untuk setting dalam kondisi basah.

Galang Yamaha  © 2018 brilio.net

“Saat free practice 2 kondisi hujan. Tentu saja timenya tidak sebagus saat kondisi kering. Jadi saya coba beradaptasi dengan kondisi trek hujan untuk mempersiapkan Superpole nanti,” ujar Galang dalam pernyataan resmi yang diterima Brilio.net, Sabtu (14/4).  

Meski begitu, pebalap Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang bernaung di bawah tim Biblion Yamaha MotoX Racing Team ini merasa senang dengan hasil latihan bebas dan masuk ke Superpole 2. Dia pun meminta dukungan untuk Merah Putih Semakin Di Depan.

Bahkan, Galang Hendra yang menggeber Yamaha YZF-R3 optimistis meraih podium di sirkuit sepanjang 5,077 km dengan total 17 tikungan ini. Asal tahu saja ya, Yamaha YZF-R3 merupakan produksi pabrik Yamaha Indonesia lho.  

Galang Yamaha  © 2018 brilio.net

Optimisme Galang bukan tanpa alasan. Dia meraih podium juara saat pertama kali tampil di Sirkuit Jerez Spanyol dalam putaran akhir WorldSSP300 musim 2017. Sebagai pebalap wild card Galang membuktikan ketangguhannya pada lap akhir hingga meraih posisi terbaik.

Oh iya pebalap gemblengan program Yamaha R3 bLU cRU Challenge besutan Yamaha Motor Eropa untuk talenta-talenta potensial ini bakal berkompetisi full-series di kelas WorldSSP300. Kelas ini merupakan bagian penyelenggaraan WSBK 2018. Yuk dukung Merah Putih Semakin di Depan.