Brilio.net - Piala Dunia 2018 yang akan dihelat di Rusia pada Juni mendatang akan menggunakan teknologi baru yang sudah diterapkan di beberapa liga sepakbola Eropa. Teknologi tersebut bernama Video Assistant Refereeing (VAR). Penggunaan VAR dikonfirmasi langsung oleh Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino, Jumat (16/3) lalu.

"Piala Dunia 2018 Rusia akan jadi Piala Dunia pertama yang akan menggunakan teknologi VAR," terang Infantino dalam sebuah konferensi pers seperti dilansir brilio.net dari Reuters, Senin (19/3).

VAR 2018 © 2018 brilio.net

Pengganti Sepp Blatter tersebut mengatakan, keputusan tersebut berdasar observasi di 2000 pertandingan dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Lebih VAR dianggap sangat membantu tugas wasit serta membuat sebuah pertandingan sepak bola menjadi lebih adil dan transparan bagi kedua pihak. Dengan adanya teknologi ini, wasit yang berada di tepi lapangan mempunyai kuasa untuk menguji keputusan wasit utama ataupun insiden yang terjadi di tengah pertandingan.

Sejauh ini, teknologi tersebut sudah diterapkan di Bundesliga Jerman, Serie A Italia hingga beberapa pertandingan di Liga Premier Inggris.

Loading...