Brilio.net - Tim nasional Indonesia harus bertekuk lutut terhadap musuh bebuyutan Malaysia pada laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, Kamis (5/9) malam. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu, skor berakhir dengan kedudukan 2-3 untuk kemenangan Malaysia.

Di babak pertama, Indonesia sempat mendominasi permainan. Alhasil, Indonesia unggul terlebih dahulu di menit ke-12 lewat sontekan Beto Goncalves. Berselang 25 menit, pemain Malaysia Mohamadou Sumareh, berhasil menyamakan kedudukan. Hanya berselang dua menit setelah Malaysia menyamakan kedudukan, Indonesia kembali memimpin dengan skor 2-1. Beto Goncalves kembali menjadi aktor utama gol tersebut.

Di babak kedua, Malaysia terus mencoba menggempur pertahanan Indonesia. Hasilnya di menit ke-66, Malaysia kembali menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya. Berawal dari sepak pojok, Malaysia menghasilkan kemelut di depan gawang Indonesia. Tandukan Syafiq Ahmad dari umpan Safawi Rasid tak mampu ditahan Andritany.

Pada pertengahan babak kedua, pertandingan sempat terhenti sekitar sepuluh menit. Sebuh insiden terjadi dengan turunnya sejumlah suporter ke area lapangan. Ketika permainan dilanjutkan, Indonesia mendapat peluang lewat usaha Evan Dimas, tetapi bola dapat diamankan kiper Malaysia.

Pada menit akhir tambahan waktu pertandingan, Sumareh mencetak gol keduanya pada laga tersebut setelah memaksimalkan umpan silang mendatar dari rekannya. Gol tersebut memastikan kekalahan timnas Indonesia dengan skor 2-3 dari Malaysia.

Loading...

Dengan hasil tersebut, Indonesia gagal mempertahankan catatan positif selama sebagai tuan rumah melawan Malaysia. Kekalahan dari Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022 ini menjadi kekalahan pertama sejak 15 tahun terakhir melawan Malaysia sebagai tuan rumah.

Terakhir kali Timnas Indonesia kalah yakni pada tahun 2004, di mana pada saat itu Indonesia kalah 1-2 dari Malaysia. Menurut catatan, sejak 15 tahun terakhir, Indonesia telah bertemu sebanyak 10 kali dengan Harimau Malaya.