Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki pengalaman pertama. Hal ini pula yang dirasakan Co-Founder Narasi Najwa Shihab, saat ia mengikuti lomba Pocari Sweat Run Indonesia 2021 yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/10/2021). Ini untuk pertama kalinya Nana—begitu ia biasa disapa—berlari sejauh 10 Km.

Nana mengaku sempat ragu untuk mengikuti Pocari Sweat Run Indonesia 2021 yang menggelar jarak terpendek 10 Km. Tapi dengan keyakinannya Nana pun memberanikan diri mengikuti ajang ini.

“Saat diajakin ikut race (Pocari Sweat Run Indonesia 2021) sempat mikir sih, deg-degan dan udah agak panik. Apalagi jaraknya 10 Km. Gimana ya, Bismillah deh. Coba ikut aja,” ujar Nana saat ditemui di halaman Gedung Sate.

Pengalaman Najwa Shihab ikut maraton © 2021 brilio.net Serius latihan nih di GBK (Instagram @najwashihab)

Berkat keyakinannya, Nana akhirnya bisa menyelesaikan 10 Km dengan catatan waktu 2 jam 33 menit 9 detik. Lomba ini sekaligus menjadi ajang uji coba Nana yang sejak enam bulan lalu mulai menjadikan lari sebagai rutinitas.  

“Belajar larinya udah sekitar 6 bulanan. Cuma serius belajar setiap minggu muter di GBK (Gelora Bung Karno) mengerjakan PR lari baru kira-kira dua bulanan,” lanjut Nana.

Saat awal belajar lari Nana mengaku masih berat. Larinya masih pelan. Belum bisa jarak terlalu jauh. Selain itu nafasnya juga kerap berantakan. “Tiap kelar lari rasanya badan rontok. Larinya cuma 1 jam tapi pegel-pegelnya bisa sehari semalem,” ungkap Nana lagi.  

Pengalaman Najwa Shihab ikut maraton © 2021 brilio.net Instagram @bimaaryasugiarto

Nah untuk mempersiapkan ikutan Pocari Sweat Run Indonesia 2021, Nana mengaku latihan secara intensif selama sebulan terakhir. Dalam satu minggu rata-rata ia bisa mencapai jarak 12 Km. Cara latihan ini pula yang membuat Nana bisa menyelesaikan 10 Km Pocari Sweat Run Indonesia 2021. Sebagai pelari pemula, tentu saja capaian waktu di atas 2 jam untuk menyelesaikan jarak tempuh 10 Km, terbilang cukup lumayan.

Namun kata Nana, dari rutinitas barunya ia bukan hanya belajar berlari tetapi juga melatih kesabaran dan presistensi serta belajar mengenal kekuatan badan. Ia pun kini memiliki jadwal rutin dan latihan berkala. Baginya, mengikuti Pocari Sweat Run Indonesia 2021 bukan soal mengejar waktu atau jarak, tapi belajar untuk percaya pada kekuatan diri dan pikiran.