Brilio.net - Semua cita-cita bisa digapai asalkan ada usaha dan niat. Setidaknya begitulah yang dipercaya oleh Alex Hartmann, pemuda 23 tahun yang berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi atlet lari di Olimpiade 2016, mewakili Australia.

Kecintaan Alex pada dunia atletik sudah dimulai sejak kanak-kanak. Dia membuktikan saat menjadi juara pada lomba lari prasekolah. Salah seorang gurunya berusaha menasihati Alex, lantaran paham bahwa cita-cita Alex akan sulit terwujud mengingat keadaan ekonomi. "Sudahlah berhenti bermimpi. Realistislah," nasihat sang guru di awal-awal Alex menggapai mimpinya.

Nasihat sang guru ternyata tak menghentikan keinginan Alex menjadi atlet. Malah dia semakin bersemangat. Segala upaya dilakukan. Dia lalu bekerja penuh di salah satu supermarket Australia Big W. Sembilan tahun lamanya dia bekerja di sana. Gajinya dikumpulkan untuk membeli sepatu, bergabung di klub, ikut kejuaraan, agar cita-citanya terealisir.

alex hartmann © 2016 brilio.net

Beruntung Alex memiliki atasan yang baik hati. Manajernya memberikan kelonggaran waktu. "Manajerku tahu bahwa aku sedang berjuang menjadi atlet Olimpiade. Dia memberikan aku kelonggaran waktu. Pada hari normal, aku bekerja sampai siang, pulang sebentar beristirahat, makan lalu berlatih di sore harinya," terang Alex.

Loading...

alex hartmann © 2016 brilio.net

Kerja keras dan pengorbanan Alex akhirnya terbayar saat 2015 dia mengikuti Kejuaraan Nasional Australia. Seusai kejuaraan itu, dia memutuskan mundur dari pekerjaan dan serius berlatih. Dia pun mulai melakukan program diet. "Sesuatunya kemudian berjalan serius," kata Alex. Dan berkat kerja kerasnya itu, remaja yang sebelumnya menjadi pelayan toko ini lolos seleksi untuk lari jarak 200 meter dan mewakili Australia di Olimpiade Rio tahun ini.

Dia akan berlomba di lari putra 200 meter yang akan ditandingkan 16 Agustus mendatang. Hebat Alex!