Brilio.net - Pertandingan heptathlon Asian Games 2018 dimenangkan oleh atlet India, Swapna Burman. Cabang olahraga ini membutuhkan kekuatan kaki dan kegesitan melewati rintangan. Swapna mencetak sejarah dengan menjadi pemenang heptathlon pertama dari India.

Ada fakta mengejutkan di balik kemenangan Swapna. Dilansir dari thelogicalindian.com, Kamis (30/8), saat bertanding, ia dalam keadaan sakit. Swapna tengah mengidap infeksi gusi dan sempat diprediksi tidak dapat mengikuti pertandingan.

Bahkan, empat tahun sebelum Asian Games 2018, ia harus melawan rasa sakit di kaki saat bertanding heptathlon. Pasalnya Swapna memiliki 12 jari kaki. Akibatnya, ia tidak merasa nyaman ketika menggunakan sepatu normal.

Tak cuma itu, karana kondisi keluarga, Swapna tidak bisa memilik sepatu yang pas sesuai bentuk dan ukuran kakinya. Swapna lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang penarik becak dan kini tengah sakit. Sementara ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan pemetik teh. Namun keluarga Swapna tetap mendukung mimpi wanita dari Jalpaiguri, Bengal Utara ini.

Melihat kondisi Swapna, The Logical Indian membuat petisi di change.org. Petisi tersebut bernama 'Pembuatan Sepatu Custom-Made Untuk Swapna Barman - Atlet 12 jari kaki dari India'. Tujuan dari pembuatan sepatu khusus ini agar Swapna tidak kesakitan saat bertanding.

Loading...

"Rasa sakit adalah rintangan besar dalam olahraganya, dan dia berasal dari keluarga yang sangat miskin untuk memiliki sepatu khusus yang dibuat. Tetapi jika kita semua memutuskan untuk tidak membiarkan rasa sakitnya membawanya turun dari mencapai ketinggian dalam olahraga dan membuat India bangga, kita dapat memberinya 'impian' untuk bermain tanpa rasa sakit dan membawa medali untuk India pada Asian Games 2018," tulis The Logical Indian pada tahun 2014.

Tak disangka kini impian tersebut menjadi nyata. Swapna benar-benar menjadi pemenang heptathlon Asian Games 2018. Berikut potret haru kemenangan Swapna dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/8).

1. Swapna mengibarkan bendera kebangsaannya.

swapna © 2018 brilio.net berbagai sumber- -foto: India.com

2. Kemenangannya di dapat berkat perjuangan berat.

swapna © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: Twitter/@ANI

3. Keluarga di India ikut menonton pertandingan tersebut.

swapna © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: Twitter/@ANI

4. Rasa syukur atas kemenangan Swapna.

swapna © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: Twitter/@ANI

5. Raut bahagia anggota keluarga Swapna.

swapna © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: Twitter/@ANI

6. Penampakan kaki Swapna.

swapna © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: India.com