Brilio.net - Marc Marquez sukses menjuarai balapan MotoGP San Marino di Misano, Minggu (15/9). Pada balapan yang berlangsung dalam 27 putaran itu, Marquez berhasil meninggalkan Fabio Quartararo di posisi kedua dan Maverick Vinales di urutan ketiga.

Namun, MotoGP San Marino membuat percikkan api perseteruan antara Marc Marquez dan Valentino Rossi kembali menyala. Insiden yang terjadi saat sesi kualifikasi, Sabtu (14/9), adalah penyebabnya. Saat itu keduanya hampir saling bersenggolan di tikungan lap terakhir.

Ini bukan pertama kalinya Marquez dan Rossi berseteru. Sejarah mencatat rivalitas keduanya sudah terjalin sejak tahun 2013. Saat itu, Marquez baru saja naik kasta ke MotoGP dan bersaing dengan Valentino Rossi untuk pertama kalinya di sana.

Sejak saat itu, insiden demi insiden yang melibatkan keduanya sering terjadi. Bahkan, baik Marquez dan Rossi sama-sama saling sikut untuk bisa finis di posisi yang lebih baik. Perseteruan mereka dibuat semakin panas dengan fans dari masing-masing pembalap. Saat Marquez naik podium di San Marino kemarin, ia juga mendapat cemoohan dari fans tuan rumah.

Nah, berikut ini deretan momen panas perseteruan Marquez dan Rossi yang pernah terjadi, seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Senin (16/9).

Loading...

1. MotoGP Laguna Seca, 2013.

momen panas perseteruan marquez dan rossi © berbagai sumber

foto: YouTube

Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat jadi awal pertarungan pembalap asal Spanyol dan Italia ini. Marquez dengan agresif menyalip Rossi di tikungan corkscrew. Demi menyalip Rossi di tikungan itu, Marquez sampai keluar jalur lintasan balap. Itu mengingatkan kembali aksi Rossi yang menyalip Casey Stoner saat tahun 2008 silam.

2. MotoGP Argentina, 2015.

momen panas perseteruan marquez dan rossi © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Bisa dibilang pada MotoGP Argentina 2015 adalah perseteruan paling sengit antara keduanya. Marc Marquez gagal finis setelah terjatuh usai menyenggol ban belakang Valentino Rossi. Saat itu, balapan tinggal menyisakan dua putaran terakhir.

Saat itu, Marquez yang sedang memimpin balapan disalip Valentino Rossi. Namun pada tikungan selanjutnya, ia menyenggol ban belakang Rossi hingga akhirnya terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan itu.

3. MotoGP Belanda, 2015.

momen panas perseteruan marquez dan rossi © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Di sirkuit Assen pada tahun yang sama, Marquez dan Rossi kembali terlibat insiden. Itu terjadi pada putaran terakhir di tikungan terakhir. Saat itu, keduanya terlibat pertarungan sengit. Marquez yang mencoba menyalip dari sisi dalam, membuat motornya harus bersenggolan dengan Rossi. Ini menyebabkan Rossi sempat ke luar jalur. Upaya Marquez pun gagal karena insiden tersebut membuat Rossi malah lebih dulu melewati garis finis.

4. MotoGP Malaysia, 2015.

momen panas perseteruan marquez dan rossi © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Sirkuit Sepang menjadi puncak perseteruan keduanya di tahun 2015. Publik Malaysia menjadi saksi jatuhnya Marquez karena ulah pembalap asal Italia yang dijuluki The Doctor. Saat itu, Rossi yang merasa diganggu Marquez memepet motornya. Kemudian di salah satu tikungan, terekam gerakan kaki Valentino Rossi sehingga membuatnya rivalnya tersebut terjatuh.

5. MotoGP Argentina, 2018.

momen panas perseteruan marquez dan rossi © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Tiga tahun berselang, Marquez seakan membalas ulah Rossi. Meski sempat berbaikan pada satu tahun usai insiden di Malaysia, persaingan keduanya kembali timbul pada MotoGP Argentina tahun 2018 silam. Kali ini, Marquez yang memepet Rossi di sebuah tikungan, mampu mengagetkan dan membuat The Doctor terjatuh pada balapan itu.

Gaya balapan Marquez saat MotoGP Argentina 2018 sempat mendapat beberapa kritikan. Menurut Valentino Rossi sendiri, Marquez bisa membahayakan MotoGP jika gaya balapannya seperti itu.

6. Kualifikasi MotoGP San Marino, 2019.

momen panas perseteruan marquez dan rossi © berbagai sumber

foto: theworldnews.net

Perseteruan keduanya kembali panas pada musim ini. Saat kualifikasi MotoGP San Marino, Marquez dan Rossi kembali terlibat insiden. Saat putaran terakhir, keduanya saling balap dan bersaing ketat. Sampai akhirnya, Marquez dan Rossi hampir bersenggolan di sebuah tikungan. Bahkan Marquez dan Rossi sempat saling tunjuk usai terjadi insiden tersebut.