Brilio.net - Selama ini Cristiano Ronaldo memang dikenal sebagai pemain sepak bola yang arogan. Ups, tapi apa benar begitu? Wajahnya yang selalu terlihat arogan saat berada di lapangan, bukan berarti hatinya tidak dermawan bukan?

Yup, salah satu pemain terbaik dunia ini ternyata sangat dermawan. Dia kerap kali menyumbang untuk mereka yang nasibnya kurang beruntung. Penasaran kan? Dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Senin (6/6) ini dia ulasannya

1. Membantu Martunis, si korban Tsunami

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: eurosport.co.uk

Tentunya kamu sudah tahu dong kisah fenomenal bocah Aceh yang selamat dari bencana Tsunami ini. Tidak hanya membantu dana senilai Rp 1 miliar. Ia juga membawa Martunis, yang diangkat menjadi anak, ke Portugal, dengan menjadi pemain di klub yang pernah ia bela Sporting Lisbon.

Loading...

2. Memerangi Ebola

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: goodnewsnetwork.org

Pada tahun 2014, Cristiano Ronaldo tergabung dalam tim amal dalam memerangi penyakit Ebola di Afrika. Ia bergabung dengan bintang sepakbola lainnya seperti Neymar, Philipp Lahm, Gareth Bale,  and Didier Drogba.  

3. Duta Global Save Children

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: savethechildren.org

Cristiano juga terpilih sebagai duta Global Save the Children. Di yayasan ini Criatiano sudah cukup banyak menyumbang dana untuk para anak yang kurang beruntung. Dirinya juga telah mengkampanyekan untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah yang dihadapi anak-anak di dunia.

4. 11 FIFA Health

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: fifa.com

Ronaldo juga tergabung dalam 11 FIFA health bersama dengan Messi, Drogba, Ronaldo, Buffon, dan Puyol. Program ini menggabungkan sepak bola dengan pesan-pesan kesehatan, terutama kepada para pemuda di 30 negara, agar terhindar dari Narkoba dan HIV/Aids.

5. Ronaldo untuk Gaza

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: twitter.com

Ronaldo memang terkenal dengan simpatinya terhadap Palestina. Dirinya pernah mendapat penghargaan Golden Boot dari real madrid Foumdation. Namun sepatu emasnya tersebut dia lelang dan uangnya digunakan untuk membantu anak-anak Gaza sebesar 1,5 juta Euro.

6. Membantu korban banjir Madeira

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: cnn.com  

Ketika Madeira, salah satu kota di Portugal ditimpa banjir pun Cristiano tak tinggal diam saja. Dirinya langsung terbang ke Portugal dan menggalang laga amal untuk membantu para korban.

7. Membiayai pengobatan bocah yang terkena kanker

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: laprovincia.es

Cristiano juga pernah membantu Nuhazet, bocah 9 tahun penderita kanker yang sempat divonis tidak berumur panjang. Melalui agen Ronaldo, Jorge Mendes, orangtua Nuhazet berhasil mempertemukan anaknya dengan sang idola. Ronaldo yang terketuk hatinya memutuskan untuk mendanai pengobatan anak itu di sebuah rumah sakit swasta di Madrid.

8. Membangun rumah sakit kanker

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: dailymail.co.uk

Cristiano juga telah membangun rumah sakit spesialis kanker di tanah kelahirannya Madeira, Portugal pada 2007 silam. Hal ini didorong karena sang ibu Dolores Santos didiagnosa menderita kanker dan harus menjalani radio terapi.

Sang ibu pulih, dan ia pun mengapresiasi rumah sakit yang telah menyembuhkan ibunya dengan menyumbang 100 ribu poundsterling untuk membangun pusat spesialis penyembuhan kanker.  

9. Membantu korban gempa Nepal

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: irishmirror.ie

Setelah gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter menghantam Nepal pada April 2015 yang menewaskan 8.000 jiwa, Ronaldo pun tergerak hatinya dan menyumbangkan uang hingga 5 juta pounds setara Rp 97 miliar untuk membantu korban.

10. Menyumbangkan semua bonus juara Liga Champions 2016

cr7 dermawan © 2016 brilio.netfoto: metro.co.uk  

Kini usai membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions Ronaldo diguyur bonus yang luar biasa. Bintang asal Portugal itu diberi bonus 600 ribu Euro atau sekitar Rp 9 miliar karena mengantarkan Madrid menjadi juara. Uang tersebut semuanya kemudian dia serahkan kepada agennya, Jorge Mendes untuk disumbangkan ke organisasi amal.