Brilio.net - Satu-satunya wakil Asia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018, Jepang harus mengubur mimpinya mengangkat trofi usai ditaklukan Belgia dengan skor tipis 3-2 pada pertandingan yang digelar di Rostov Arena, Selasa (3/7).

Meskipun menelan kekalahan dan gagal melaju ke perempat final, namun Jepang berhasil meninggalkan panggung Piala Dunia 2018 dengan kepala tegak. Tak hanya itu, dilansir brilio.net dari Channel NewsAsia, Selasa (3/7), alih-alih meluapkan emosinya karena kalah secara dramatis, Samurai Biru justru meninggalkan catatan bertuliskan terima kasih dalam bahasa Rusia yang diletakkan tepat di meja ruang ganti mereka.

 Ruang ganti timnas Jepang  © 2018 brilio.net

foto: Facebook/@Channel NewsAsia

Potret aksi terpuji para punggawa Samurai Biru tersebut kini menghiasi berbagai media sosial. Lewat akun Facebook Channel NewsAsia, postingan itu kini sudah dibagikan lebih dari 3,3 ribu kali. Banyak netizen yang meninggalkan komentar pujian dan rasa harunya terhadap apa yang sudah dilakukan Timnas Jepang.

"Amazing culture, their emphasis on never inconveniencing anyone makes them clean up after themselves no matter where they are! An example to be emulated! They are winning fans everywhere they go! (Budaya yang luar biasa, Kebiasaan tersebut membuat mereka tidak pernah merepotkan siapa pun di mana pun mereka berada. Contoh yang harus ditiru! Mereka pemenang bagi fans di mana pun mereka berada)," tulis pemilik akun Simon Lim.

"Japanese has a very strong traditional culture of honor and shame. That's why they have 'kamikaze' and 'harakiri'. Only the Japanese. (Jepang memiliki budaya yang sangat kuat untuk kehormatan dan rasa malu. Itu sebabnya mereka memiliki 'kamikaze' dan 'harakiri'. Hanya di Jepang)," imbuh akun Davy Koh.

"This is their culture....serious and disciplined ...u can see this not only in the dressing room , even the stadium and their hotel room (Ini adalah budaya mereka... Serius dan disiplin.. Kamu bisa melihat ini tidak hanya di ruang ganti, bahkan di stadion dan kamar hotel mereka)," ungkap akun Enwei Lim.