Brilio.net - Tendangan penalti brilian Jorginho sukses membawa Italia menang atas Spanyol dalam laga Semifinal Euro 2020 yang digelar di stadion Wembley, Rabu (7/7) dini hari. Italia sukses unggul 4-2 atas Spanyol dalam babak adu penalti.

Dalam pertandingan yang berlangsung alot tersebut, Italia sempat unggul terlebih dahulu melalui sontekan kaki kanan Federico Chiesa pada menit ke-60. Spanyol kemudian membalasnya melalui Alvaro Morata yang baru datang dari bangku cadangan pada menit ke-80. Skor 1-1 tetap bertahan hingga babak tambahan sehingga dilaksanakan adu penalti.

Dalam adu penalti, empat penendang Italia sukses membobol gawang Spanyol, hanya Manuel Lucatelli yang gagal menuntaskan tugasnya. Sedangkan di pihak Spanyol, Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal mengeksekusi tendangan penalti sehingga membuat Spanyol tersingkir. Di laga final Euro 2020, Italia akan menghadapi pemenang antara Denmark melawan Inggris.

Dalam kemenangan Italia di babak adu penalti, aksi Jorginho sebagai penendang terakhir sukses menarik perhatian. Gaya khas dan ikonik Jorginho saat melakukan tendangan penalti sukses mengecoh kiper Spanyol, Unai Simon.

Gaya tendangan ice-cold penalty khas Jorginho yang dikenal dingin dan tenang tentu menyulitkan kiper untuk menangkap bola. Gelandang Chelsea tersebut mengambil beberapa langkah, kemudian tampak sedikit melompat, dan mengubah ritme pada ayunan kaki sehingga membuat Unai Simon salah mengantisipasi arah bola. Kecerdikan Jorginho dalam mengeksekusi penalti terbukti secara statistik, dalam catatan transfermakt, Jorginho hanya gagal 4 kali penalti dari 33 penalti yang telah dieksekusi.