Brilio.net - Hidup bergelimang harta dan terkenal di seantero bumi, siapa yang tak mau? Pasti semua memimpikan kehidupan yang demikian, tapi tidak semua bisa seberuntung itu. Di antara yang punya garis tangan mujur tersebut adalah para pesepak bola dunia. Dari memeras keringat di lapangan hijau, mereka menjelma menjadi sosok miliarder.

Dengan pundi-pundi uang yang tak habis-habisnya, mereka bisa membelanjakan untuk apa saja yang diinginkan. Tapi, rupanya mereka tidak serta merta mengejar hidup yang serba mewah semata. Mereka punya kepedulian yang tinggi terhadap sesama yang nasibnya berbeda 180 derajat. Hartanya disisihkan untuk berbagai kegiatan amal, bahkan banyak di antaranya yang tak segan untuk berinteraksi langsung dengan kaum papa.

Berikut ini tujuh pesepak bola top dunia, termasuk yang sudah pensiun, yang dikenal dermawan. Mereka aktif dalam berbagai kegiatan amal, bahkan sebagian memiliki yayasan non-profit. Wajar jika kemudian mereka disebut sebagai orang-orang berhati malaikat. Siapa saja mereka? Berikut profil singkatnya dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (1/8).

1. Cristiano Ronaldo.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: savethechildren.org

Bintang Portugal yang kini membela klub Spanyol, Real Madrid, itu tidak saja membius kaum hawa berkat fisiknya yang hot, tapi kedermawanannya juga membuat sosok CR7 ini makin memesona. Kepedulian mantan pemain Manchester United ini banyak ditujukan pada anak-anak kurang beruntung di berbagai negara. Salah satu yang lekat dengan penggemarnya di Indonesia adalah saat dia menjadikan anak Aceh korban tsunami, Martinus, sebagai anak angkat.

Ronaldo terlibat dengan kampanye Save The Children dalam membantu masyarakat yang jadi korban gempa bumi Nepal. Dia juga melelang Sepatu Emas pada 2012 yang hasilnya untuk membuat sekolah di Gaza. Ronaldo juga terlibat dalam pembangunan pusat pengobatan kanker di Madeira, kota kelahirannya. Tidak saja uang, Ronaldo juga rutin mendonorkan darahnya.

2. Lionel Messi.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Bintang Barcelona asal Argentina ini terkenal kejam di mulut gawang lawan. Dia adalah kabar buruk bagi kiper-kiper lawan. Messi bisa membuat para fans tim lawan terdiam dalam kesedihan karena gol-golnya membuat tim idola mereka kalah. Tapi, itu hanya dalam pertandingan.

Di luar lapangan, sosok bernomor punggung 10 ini adalah pribadi yang punya kepedulian tinggi pada kemanusiaan. Messi banyak terlibat dalam kampanye-kampanye untuk pendidikan anak-anak kurang beruntung di Bangladesh, Indonesia, dan Nepal. Dia bekerja sama dengan FC Barcelona Foundation, Reach Out To Asia (ROTA), dan lembaga PBB UNICEF untuk membantu anak-anak di berbagai negara.

3. Didier Drogba.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Mantan bintang klub Chelsea ini adalah sosok menakutkan bagi kiper-kiper lawan. Gol-golnya selalu dikenang para penggemar The Blues, julukan Chelsea. Berasal dari negara yang masih dibelit banyak masalah kesejahteraan, Pantai Gading, kepedulian tumbuh dalam diri Drogba. Ia mendirikan Yayasan Didier Drogba dan menyumbangkan hartanya untuk pendidikan dan kesehatan anak-anak di negaranya dan di Afrika.

4. David Beckham.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Mantan pesepak bola yang juga dikenal sebagai selebriti ini kekayaan dan popularitasnya tak terbantahkan lagi. Dia adalah ikon di dunia olahraga ini. Semasa berkarier di lapangan hijau, mantan kapten timnas Inggris ini pernah bermain di klub-klub besar Eropa seperti Manchester United dan Real Madrid dengan bayaran yang melimpah. Dia juga laris sebagai bintang iklan.

Saat membela klub Prancis, Paris Saint German (PSG), bahkan Becks dikabarkan menyumbangkan semua gajinya untuk aktivitas amal. Kepedulian Becks terus berlanjut hingga sekarang dia sudah gantung sepatu. Dia punya banyak aktivitas filantropi, seperti Duta Goodwill UNICEF, anggota pendiri Malaria No More UK Leadership Council, dan pendukung Help for Heroes, badan amal untuk membantu prajurit yang cedera dari tugas di Irak dan Afghanistan. Bersama istrinya yang mantan personel Spice Girl, Victoria, Becks juga membentuk yayasan amal, Victoria and David Beckham Charitable Trust.

5. Nwankwo Kanu.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Dia adalah legenda sepak bola Nigeria. Hidup dengan pengalaman yang buruk karena menderita penyakit jantung ketika muda, membuat Kanu punya perhatian besar pada kesehatan. Mantan pemain klub Inggris, Arsenal, itu kemudian menjadi duta UNICEF dan mendirikan Yayasan Jantung Nwankwo Kanu (KHF) pada 2000.

Yayasan tersebut telah membantu anak-anak di Nigeria dan negara-negara Afrika lainnya untuk mendapatkan operasi jantung dan perawatan yang sangat dibutuhkan. Dalam kurun empat tahun saja, KHF telah membantu lebih dari 415 operasi jantung.

6. Michael Essien.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Pesepak bola yang kini merumput di Indonesia bersama Persib Bandung itu dulunya dikenal sebagai jenderal lapangan tengah di tim Chelsea. Pemain kelahiran Ghana, 35 tahun silam itu tidak saja jago dalam mengolah si kulit bundar, tapi juga pribadi yang punya kepedulian tinggi pada pendidikan, kesehatan, dan sanitasi.

Ia mendirikan Yayasan Michael Essien di kampung halamannya dengan kegiatan membantu menyediakan fasilitas seperti peralatan kesehatan, perpustakaan, toilet umum dan air minum bersih. Essien juga membantu menanamkan kebiasaan membaca di kalangan anak muda di negaranya.

7. Dirk Kuyt.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Datang dari kota kecil di Belanda, Katwijk, Dirk Kuyt menjalani mimpinya sebagai pesepak bola dunia. Mantan pemain klub Inggris, Liverpool itu pernah bermain di level tertinggi sepak bola, seperti final Liga Champions dan Piala Dunia.

Di luar karirnya yang cemerlang, Kuyt juga menaruh perhatian besar pada aktivitas sosial. Dia mendirikan Yayasan Dirk Kuyt pada 2006 untuk membantu kehidupan anak-anak di seluruh dunia, mulai dari negerinya Belanda, Brasil, Nepal, hingga Ghana.

8. Samuel Eto'o.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Sebagaimana kebanyakan pemain asal Afrika yang tumbuh dari lingkungan yang sulit, pun demikian dengan Samuel Eto'o. Karenanya, mantan pemain klub Italia, Inter Milan ini terpanggil untuk melakukan kegiatan sosial di negaranya, Kamerun. Eto'o kemudian mendirikan yayasan amal, Fundacion Privada Samuel Eto'o di mana kegiatannya berupa pemberian beasiswa, bantuan medis, dan juga peralatan pendidikan kepada masyarakat di berbagai benua.

9. Craig Bellamy.

pesepak bola dermawan Istimewa

foto: istimewa

Mantan pesepak bola Liverpool ini terpanggil untuk aktif dalam aktivitas amal setelah pengalamannya melakukan perjalanan ke Sierra Leone. Bellamy yang menjumpai kemiskinan dan kehidupan yang sulit masyarakat Sierra Leone, kemudian mendirikan yayasan amal Craig Bellamy Foundation pada 2009 silam. Lewat yayasan ini ia membantu anak-anak untuk berprestasi dalam akademis dan sepak bola.