Brilio.net - Piala Dunia edisi kali ini banyak menghadirkan kejutan. Tim-tim favorit juara seperti Jerman dan Brasil terseok-seok pada pertandingan awal. Jerman harus mengakui kehebatan Meksiko sementara Brasil ditahan imbang oleh Swiss.

Kali ini tim kuda hitam kembali mengejutkan tim besar lainnya. Ialah Tunisia, tim yang tidak difavoritkan ini nyatanya malah bisa menyusahkan tim nasional Inggris. Pada laga yang digelar pada Selasa dini hari, (19/6), Tunisia hampir saja menahan imbang The Tree Lions. Namun gol menit akhir dari Harry Kane menggagalkannya.

tunisia al-fatihah © berbagai sumber

foto: Facebook/thesiakapkeli

Ada yang menarik dari balik layar pertandingan Tunisia versus Inggris ini. Ternyata sebelum pertandingan dimulai, tim yang datang dari benua Afrika ini melakukan ritual khusus agar pertandingannya berjalan mulus sesuai rencana.

Ritual tersebut adalah dengan membaca surat Al-Fatihah. Ya, punggawa timnas Tunisia yang mayoritas beragama Islam ini membaca surat pendek tersebut di ruang ganti sebelum turun ke lapangan.

Selain membaca surat Al-Fatihah, mereka juga membacakan salawat yang diakhiri dengan pelukan dan teriakan penyemangat kepada masing-masing pemain. Video rekaman tersebut kemudian viral di media sosial. Dilansir brilio.net dari laman Facebook Siakap Keli, video berdurasi satu menit 30 detik ini telah dibagikan lebih dari 9000 kali.

Ritual para pemain Tunisia ini pun mendapatkan perhatian oleh warganet Indonesia. Banyak dari mereka salut dengan ritual yang dilakukan. Banyak juga yang mengaitkan ritual ini sebagai kunci Tunisia bisa menyulitkan perlawanan dari Inggris.

"Masha allah. Ini merinding habis doa pelukan semuanya," tulis @sayaIcul.

"Doa, usaha, ikhtiar tawakal kepada Allah semata," tulis akun @tommy_diko.

"Al fatihah. Menang kalah qadarallah," tulis @Karaa_Hadinata.