Brilio.net - Laga antara Portugal vs Islandia semalam menutup putaran pertama penyisihan grup EURO 2016. Di lain pihak, Prancis, selaku tuan rumah berhasil mengalahkan Rumania secara dramatis. Sementara tim unggulan seperti Jerman, Spanyol, Italia juga sukses meraih tiga angka penuh.

Namun, di luar fakta itu, ada 9 rekor unik yang tercipta di putaran pertama penyisihan grup EURO tahun ini. Rekor apa sajakah itu? Berikut brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber, 9 rekor di putaran pertama penyisihan grup, Rabu (15/6):

1. Kiper Hungaria pecahkan rekor pemain tertua.

rekor putaran pertama euro © 2016 brilio.net

foto: espnfc.com

Loading...

Kiper Hungaria, Gabor Kiraly resmi memegang rekor sebagai pemain tertua yang pernah bermain di Piala Eropa. Saat turun menghadapi Austria, Kiraly berusia 40 tahun 74 hari. Catatan itu melebihi usia Lothar Matthaus yang memegang rekor pemain tertua sebelumnya. Saat bermain di Piala Eropa 2002, Matthaus berusia 39 tahun 91 hari.

2. Jerman perpanjang rekor tak terkalahkan.

rekor putaran pertama euro © 2016 brilio.net

foto: newsoneplace.com

Juara dunia Jerman mengawali petualangan mereka di EURO 2016 dengan hasil manis setelah melibas Ukraina 2-0. Kemenangan meyakinkan ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Jerman di laga pembuka EURO, yakni dengan rekor tujuh kali menang dan lima kali seri.

3. Buffon catat dua rekor menakjubkan sekaligus!

rekor putaran pertama euro © 2016 brilio.net

foto: gazzettaworld.com

Laga antara Italia melawan Belgia kemarin juga berarti istimewa bagi Gianluigi Buffon. Kiper gaek ini mencatat rekor tak kebobolan yang ke-60 di sepanjang kariernya bersama Italia. Selain itu Buffon telah melakoni 14 pertandingan di putaran final Piala Eropa. Catatan yang terbanyak dari semua pemain Italia.

4. Kakak beradik ini pecahkan rekor baru EURO.

rekor putaran pertama euro © 2016 brilio.net

foto: sports-news.com

Untuk pertama kalinya dalam kompetisi EURO, dua kakak beradik bermain bersama untuk dua timnas yang berbeda. Granit Xhaka bermain untuk Swiss, sedangkan Taulant Xhaka bermain untuk timnas Albania.

5. Pemain muda ini kalahkan rekor Cristiano Ronaldo.

rekor putaran pertama euro © 2016 brilio.net

foto: 3erch.com

Renato Sanches menjadi pemain termuda yang pernah membela timnas Portugal di turnamen internasional. Saat diturunkan melawan Islandia, Renato berusia 18 tahun 301 hari. Ia mematahkan rekor CR7 yang berusia 19 tahun 128 hari saat memperkuat Portugal melawan Yunani di EURO 2004.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.