Brilio.net - Menjadi pesepak bola top tentu menjadi impian bagi banyak orang. Selain terkenal, banyak pundi-pundi uang yang bisa didapatkan dengan menjadi pemain sepak bola profesional. Belum lagi apabila berhasil menembus tim nasional, popularitas akan semakin melejit di mata masyarakat. Oleh karena itu, tak sedikit para orang yang rela meninggalkan profesi lain untuk fokus menjadi pesepak bola.

Namun, hal itu tak berlaku untuk sejumlah pemain berikut ini. meski telah sukses berkarier sebagai pemain sepak bola profesional, ternyata mereka juga memiliki profesi lain, yakni menjadi anggota kepolisian dan tentara. Menariknya, dengan dua profesi tersebut, mereka relatif mampu konsisten menjalankan tugasnya dengan maksimal, baik sebagai pesepak bola maupun aparat negara.

Lantas siapa saja? Daripada penasaran, yuk simak 8 pesepak bola Indonesia yang juga aktif sebagai tentara dan polisi berikut ini seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/10).

1. Manahati Lestusen.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: Instagram/@manahati17

Penggemar sepak bola Indonesia tentu tak asing dengan nama Manahati Lestusen. Ia beberapa kali menjadi andalan Timnas Indonesia yang kini memperkuat tim Tira Persikabo di Liga 1. Selain menjadi pesepak bola profesional, Manahati juga berstatus sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan pangkat sersan dua.

2. Abduh Lestaluhu.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: Instagram/@abduhlestaluhu_3

Pemain Tira Persikabo lainnya yang juga anggota TNI ialah Abduh Lestaluhu. Sama dengan Manahati, Abduh Lestaluhu juga menjadi andalan Timnas Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Abduh merupakan perwira aktif TNI berpangkat sersan dua.

3. Andy Setyo Nugroho.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: Instagram/@andysetyon

Nama pemain Tira Persikabo lainnya yakni Andy Setyo Nugroho juga menjadi langganan Timnas Indonesia. Andy Setyo bahkan pernah memegang ban kapten saat membela Timnas Indonesia U-19. Saat ini, Andy Setyo terdaftar sebagai perwira aktif TNI Angkatan Darat berpangkat sersan dua.

4. Sani Rizki.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: Instagram/@sanirizkifauzi20

Selain aktif sebagai TNI, sejumlah pesepak bola Indonesia juga aktif sebagai anggota kepolisian. Salah satunya yakni pemain Bhayangkara FC, Sani Rizki Fauzi. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Polisi Negara pada tahun 2006 lalu. Kemampuannya di lapangan juga ia tunjukkan bersama Timnas Indonesia U-22.

5. Indra Kahfi.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: Instagram/@indrakahfi27

Pemain Bhayangkara FC lainnya yang tercatat sebagai anggota kepolisian yakni Indra Kahfi. Pemain yang berposisi sebagai bek itu berpangkat sebagai Inspektur 2. Pada 2018 lalu, Indra Kahfi baru saja menyelesaikan pendidikan polisi menuju jenjang perwira.

6. Muhammad Hargianto.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: Instagram/@mhargianto

Mantan bintang Timnas Indonesia U-19, Muhammad Hargianto juga memiliki karier sebagai anggota kepolisian. Mantan pemain Persija Jakarta itu masuk sebagai anggota kepolisian melalui jalur atlet. Kini, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu berpangkat Brigadir Dua.

7. Putu Gede Juni Antara.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: Instagram/@putugedejuniantara123

Sama seperti Muhammad Hargianto, rekan setimnya yakni Putu Gede Juni Antara juga berpangkat sebagai Brigadir Dua polisi. Putu Gede bergabung dengan Bhayangkara FC pada 2014 lalu. Bersama Hargianto, nama Putu Gede populer saat membela Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri.

8. Alam Ikhfanul.

pesepak bola tentara polisi Instagram

foto: istimewa

Alam Ikhfanul saat ini memperkuat klub Arema FC di Liga 1 sebagai bek. Selain sebagai pesepak bola, Alam juga berprofesi sebagai anggota brimob. Mantan pemain Kalteng Putra itu berpangkat Briptu. Di sela-sela aktivitasnya sebagai pemain, Alam masih sering ditugaskan untuk menjalankan pengamanan oleh kepolisian.