Brilio.net - Indonesia telah dipastikan akan menjadi tuan rumah dari ajang balapan motor World Superbike atau WSBK yang akan dilangsungkan pada 19-21 November 2021. Balapan ini akan diselenggarakan di Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB. Mandalika International Street Circuit ini menjadi sirkuit internasional pertama yang dimiliki Indonesia.

Tidak hanya itu, Sirkuit Mandalika juga akan dipakai untuk pertandingan balap motor paling bergengsi di dunia yaitu MotoGP pada Maret 2022 mendatang. Berbagai macam persiapan telah dilakukan, dari pengecatan area sirkuit, peninjauan hingga peresmian dan percobaan langsung dari Presiden Jokowi juga tengah berlangsung.

Melihat kemegahannya, bahkan pembalap luar negeri juga tak sabar untuk menjajal sirkuit tersebut. "See you soon," tulis Dominique Aegerter, pembalap asal Swiss ini di akun instagram @mandalika_sirkuit.

Mau tau sejauh mana persiapan sirkuit ini untuk ajang internasional? Yuk intip persiapan Sirkuit Mandalika yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika telah selesai sejak Oktober lalu. Pengaspalan menerapkan campuran aspal khusus untuk digunakan pada sirkuit balap, Stone Master Asphalt (SMA). Salah satu keunggulannya adalah daya cengkeram roda yang tinggi sehingga meningkatkan kecepatan dan kemudian manuver berkendara.

Potret persiapan sirkuit mandalika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@edhysundoro

2. Salah satu yang menarik perhatian dari Sirkuit Mandalika ini adalah area pattern run off atau pinggir aspal sirkuit ini dicat dengan motif batik.

3. Selain itu, trek di sirkuit menggunakan pattern dengan kearifan lokal dan race elektronik yang sudah dipasang mencakup CCTV, speed camera, microphone, hingga lampu petunjuk. Hal ini berguna untuk penunjang data, foto, hingga proteksi di area balapan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MANDALIKA_CIRCUIT (@mandalika_sirkuit)

4. Presiden Jokowi bahkan akan mencoba langsung Sirkuit Mandalika setelah melakukan peresmian. Percobaan ini juga diikuti Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesyanto, dan juga ketua penasehat Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Prasetyo Edi Marsudi.

Potret persiapan sirkuit mandalika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@prasetyoedimarsudi

5. Kargo logistik tim WSBK juga sudah mulai datang melalui bandara Internasional Lombok yang kemudian akan dibawa ke Paddock Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Potret persiapan sirkuit mandalika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@asrorm.id

6. Pihak penyelenggara juga telah melakukan simulasi evakuasi medis kepada pembalap yang telibat kecelakaan di dalam Sirkuit Mandalika. Simulasi ini merupakan serangkaian healthy, safety, and security dalam persiapan gelaran World Superbike.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by steven.hendriks (@steven.hendriks)

7. Persiapan lain yang juga dilakukan adalah tes driver safety car. Tidak hanya untuk ajang World Superbike (WSBK), persiapan ini juga untuk memastikan keamanan menjelang pelaksanaan seri ke-2 MotoGP 2022.

(brl/lin)

(brl/lin)