Brilio.net - Timnas Indonesia akhirnya sukses merebut satu tiket untuk lolos ke Piala Asia 2023. Kelolosan ini dipastikan usai sukses meraih hasil positif dari babak ketiga kualifikasi Piala Asia di Kuwait. Mendapat undian grup yang cukup ketat bersama Yordania, Nepal, dan Kuwait sebagai tuan rumah, pasukan garuda sukses finish di peringkat kedua dengan torehan 6 poin.

Dalam fase grup yang terdiri dari 3 pertandingan tersebut, total sudah 10 gol yang berhasil dilesakkan oleh anak asuhan Shin Tae-yong. Para pencetak gol juga tak melulu berasal dari para pemain depan. Ada pula Marc Klok sebagai pemain tengah, Rachmat Irianto pemain bertahan yang kali ini dipasang sebagai gelandang sayap oleh STY, hingga Elkan Baggot berhasil mencetak gol untuk timnas.

Aksi timnas Indonesia di babak kualifikasi sukses mencuri perhatian, salah satunya datang dari wonderkid timnas yaitu gelandang muda yang baru berusia 17 tahun bernama Marselino Ferdinan.

Anak muda kelahiran Jakarta, 9 September 2004 ini sukses membuktikan kepercayaan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong dengan turut menyumbang sebiji gol lewat tendangan dari luar kotak penalti. Gol tersebut berhasil dicetaknya pada pertandingan terakhir melawan Nepal Rabu lalu(15/6). Uniknya Marselino yang menjadi pencetak gol ketujuh untuk kemenangan timnas ini juga bernomor punggung tujuh.

Hal ini semakin meyakinkan para pecinta timnas bahwa level permainan wonderkid Persebaya Surabaya tersebut memang sudah pantas dan layak untuk bermain untuk tim utama.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut 5 prestasi Marselino Ferdinan, wonderkid 17 tahun yang kini diincar klub Eropa.

1. Masuk dalam daftar 60 talenta terbaik versi The Guardian.

Pada bulan Oktober 2021 lalu, media asal Britania Raya, The Guardian mengeluarkan daftar 60 nama yang dianggap menjadi talenta pesepak bola yang paling menjanjikan di dunia. Nama-nama tersebut merupakan deretan talenta muda pada tahun tersebut yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Salah satu talenta yang turut diakui oleh The Guardian adalah anak muda asal Indonesia, yakni Marselino Ferdinan. Dirinya disandingkan bersama wonderkid lainnya seperti Pablo Gavi (Barcelona), dan Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund).

2. Tembus tim utama Persebaya dan cetak gol dua bulan kemudian.

Klub Persebaya Surabaya dikenal dengan pembinaan pemain mudanya yang baik. Sejak era Uston Nawawi dan Bejo Sugiantoro, klub asal Kota Pahlawan ini selalu melahirkan pemain muda berbakat yang siap berjuang membela tim Bajul Ijo.

Kini kehadiran Marselino Ferdinan yang sudah mampu melampaui dua seniornya tersebut. Buktinya, Marselino sudah berhasil menembus tim senior Persebaya Surabaya asuhan Aji Santoso. Tercatat, Marselino menjalani debutnya bersama Bajul Ijo pada 11 September 2021 saat Persebaya menghadapi Persikabo. Dirinya langsung mencetak gol perdananya untuk Persebaya saat melawan Arema pada 6 November 2021 .

3. Pecahkan rekor menjadi pencetak gol termuda di kualifikasi Piala Asia 2023.

Indonesia sebagai negara yang punya antusiasme tinggi terhadap sepak bola dan tak pernah kehabisan bakat dalam hal mengolah si kulit bundar. Dari mulai posisi penyerang sampai penjaga gawang selalu kehadiran anak-anak muda yang punya bakat mumpuni.

Khusus untuk posisi pemain tengah, Indonesia pernah punya Firman Utina sang jenderal lapangan tengah timnas. Lalu ada Evan Dimas Darmono si pengatur tempo permainan timnas. Kini Timnas kembali dimanjakan oleh kehadiran Marselino Ferdinan.

Sejak era kepelatihan Shin Tae-yong, dirinya telah dipercaya tampil sebanyak 4 kali. Dua diantaranya merupakan pertandingan penting dalam laga kualifikasi Piala Asia 2023. Pada pertandingan terakhir menghadapi Nepal, Marselino berhasil mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda dengan usia 17 tahun 6 bulan 15 hari.

4. Menjadi pemain tersibuk di timnas segala level umur.

Tahun 2022 tampaknya menjadi tahunnya Marselino. Sejak awal tahun pemain yang terkenal dengan passing yang cukup akurat ini selalu menjadi langganan timnas di segala umur. Dari U-19 sampai timnas senior selalu muncul nama wonderkid asal klub Bajul Ijo ini.

Tahun ini, dirinya sudah mengemas 13 penampilan dengan torehan 3 gol. Jika ditotal, Marselino sudah punya catatan 25 penampilan dengan torehan 16 gol bersama timnas dari u-17 sampai ke senior.

5. Diincar 5 klub asal Eropa.

Berkat penampilan Marselino yang begitu impresif bersama Persebaya dan timnas, dirinya kemudian menjadi incaran oleh banyak klub asal Eropa. Tak tanggung-tanggung, dirinya sampai diincar oleh 5 klub. Hal ini diungkapkan sendiri oleh ibunda Marselino yang bersyukur anaknya bisa dilirik oleh banyak klub asal Eropa.

“Sudah ada banyak klub yang minta Marsel tapi kita masih cari-cari yang cocok untuk Marsel sesuai dengan skill dan karakter Marsel. Sudah dibicarakan dari agen segala macam, tapi itu masih rahasia,” ungkapnya dikutip dari bola.com pada Selasa (21/6).

Marselino Ferdinan sendiri saat ini berada naungan agensi Dusan Bogdanovic. Dia adalah agen yang telah menjembatani tiga pemain muda Indonesia berkarier di luar negeri. Yaitu, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Pratama Arhan.

Reporter: Muhamad Ikhlas Alfaridzi

(brl/guf)

(brl/guf)