Brilio.net - Bulan suci Ramadhan akan memasuki minggu kedua. Menjalankan ibadah puasa di saat pandemi tentu menjadi suasana yang berbeda. Namun bukan berarti kondisi ini membuat kamu jadi betah untuk rebahan ya. Momen bulan puasa, bisa kamu manfaatkan untuk melakukan berbagai rutinitas secara normal. Jika sedang berpuasa, kamu bisa menyesuaikan ritme kerja dengan kondisi tubuhmu.

Untuk memastikan tubuh tetap bugar selama puasa, kamu perlu mengimbanginya dengan berolahraga. Betul, selama puasa juga perlu berolahraga lho. Melakukan olahraga bisa membuatmu semakin semangat dalam menjalankan puasa. Nggak perlu dipaksa dengan olahraga berat, lakukan aktivitas fisik yang menyenangkan untukmu selama bulan puasa.

Kamu tetap bisa berolahraga selama bulan puasa dengan memperhatikan waktu berolahraga dan jenis olahraganya. Selama jenis olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh, maka olahraga ketika berpuasa dapat dijalankan dengan aman. Ketika tubuh sedang puasa dan olahraga tetap dilakukan, hormon pertumbuhan akan muncul dan meremajakan sel di dalam tubuh.

Nah lalu seperti apa saja sih olahraga yang aman dilakukan selama bulan Ramadhan? Simak yuk ulasan brilio.net pada Selasa (5/5) dari berbagai sumber berikut.

1. Jalan santai.

Olahraga selama puasa © 2020 brilio.net

Loading...

foto: unsplash.com

Berjalan santai menjadi aktivitas sederhana yang bisa kamu jadikan olahraga saat bulan Ramadhan. Walaupun terlihat sepele, olahraga satu ini memberikan banyak manfaat lho dalam tubuhmu. Dengan melakukan jalan santai mampu mengurangi stres, menurunkan risiko asma, dan mendorong kreativitas.

Jenis olah raga ini terbukti secara medis dapat menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan pencernaan, hingga menurunkan berat badan. Selain itu jalan santai sangat baik untuk kesehatan otot tulang belakang dan jantung.

Kamu bisa melakukan jalan santai sekitar 15-30 menit menjelang waktu berbuka puasa agar ketika tubuh kelelahan, tidak perlu menunggu waktu lama untuk kembali mengisi energi.

2. Bersepeda.

Olahraga selama puasa © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Yaps, selain membuat sehat, bersepeda juga membuat pikiranmu kembali segar. Kamu bisa bersepeda dengan sepeda statis di dalam rumah. Selain itu kamu juga bisa bersepeda di sekitar rumah dengan santai untuk melepas penat.

Bersepeda memiliki manfaat untuk mengencangkan otot hingga menyehatkan jantung. Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda, pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke tubuh bisa terkontrol lebih mudah. Lakukan kegiatan bersepeda maksimal 30 menit agar hasilnya lebih efektif.

3. Jogging.

Olahraga selama puasa © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Jogging juga jadi olahraga yang nggak kalah menarik untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan jogging dengan intensitas ringan selama bulan puasa. Cukup lakukan jogging ringan selama 10 hingga 20 menit saja, minimal tiga kali seminggu, dijamin tubuh akan tetap bugar saat berpuasa.

Kamu bisa melakukan jogging setelah sahur atau sore menjelang berbuka puasa. Jogging di waktu tersebut memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah.

Jogging juga dikenal sebagai bentuk latihan kardiovaskular, membuatnya ideal untuk kesehatan jantung. Beberapa manfaat jogging terkait jantung antara lain dapat membantu menguatkan jantung, meningkatkan sirkulasi, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

4. Naik-turun tangga.

Olahraga selama puasa © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Naik-turun tangga mungkin sering kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Baik saat bekerja atau sekadar beraktivitas di rumah. Tetapi olahraga naik-turun tangga membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Olahraga ini tergolong ringan dan menjadi satu di antara olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa.

Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit mampu membakar kalori sebanyak 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan. Tapi kamu harus berhati-hati, naik-turun tangga yang dilakukan tanpa prosedur yang baik berpotensi menimbulkan dehidrasi.

5. Yoga.

Olahraga selama puasa © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

Yoga bisa jadi pilihan yang tepat untuk olahragamu selama bulan puasa. Gerakan yoga yang tenang bisa membuat tubuhmu menjadi lebih rileks. Olahraga ini juga bisa membuatmu merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa. Selain untuk kesehatan mental, yoga juga memberikan efek baik untuk fisikmu.

Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita oleh seseorang. Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu berturut-turut akan mengalami peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh.

Yoga juga dianjurkan untuk penderita darah tinggi. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga yoga minimal 45 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan olahraga yoga, pikiran akan lebih rileks dan aliran darah bisa lebih lancar.