Brilio.net - Pengguna media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp mengalami kesulitan untuk mengakses ke akun mereka. Kejadian ini tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Pengguna mengeluhkan sulitnya mengakses media sosial. Keluhan tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni berjam-jam. Menurut lama Downdetector, tumbangnya Instagram dan Facebook berawal dari kemarin Rabu (13/3) pukul 23.00 WIB di beberapa negara, mulai Amerika Serikat, beberapa negara di Eropa, Asia hingga Indonesia.

Adapun tumbangnya WhatsApp terjadi di sejumlah negara, seperti Paraguay, India, Bangladesh, Argentina, dan juga Brazil. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini pun akhirnya mengungkap penyebabnya. Melalui akun Twitter dan Facebook, Instagram mengonfirmasi bahwa adanya gangguan yang menyebabkan pengguna kesulitan mengakses sejumlah layanan.


"We’re aware that some people are currently having trouble accessing the Facebook family of apps. We’re working to resolve the issue as soon as possible," (Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses ke kumpulan aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin) tulis pihak perusahaan.

Pihak Facebook maupun Instagram menegaskan bahwa penyebab kesulitan akses bukan disebabkan oleh serangan DDoS. Tumbangnya media sosial yang begitu lekat dengan masyarakat saat ini menjadikan sejumlah warganet menuliskan berbagai keluhannya di media sosial Twitter. Uniknya cuitan mereka mengundang tawa pengguna lainnya. Seperti apa cuitan tersebut? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/3).

1. Saking paniknya kalau nggak bisa buka Instagram lagi, nggak busa eksis lagi deh.

Instagram Down istimewa

foto: Twitter/@fitrop

2. Paling nggak adalah cadangan untuk ngeksis ya.

Instagram Down istimewa

foto: Twitter/@INrwnda

3. Demi pengguna setianya, Mark Zuckerberg rela masuk-masuk kolong dengan ribuan kabel di dalamnya.

Instagram Down istimewa

foto:  Twitter/ @juniorcaceres5

4. Kalau pagi itu pada posting apa sih? Ucapan syukur karena masih bisa bangun di pagi ini?

Instagram Down istimewa

foto: Twitter/@fitrop

5. Harus merasa bangga nih, Twitter jadi ladang para sosialita curhat.

Instagram Down istimewa

foto: Twitter/@alap2kumitering

6. Jadi nggak karuan gini ya ketika media sosial down. Bukti betapa pentingnya media sosial bagia kalangan masyarakat saat ini.

Instagram Down istimewa

foto: Twitter/@onecak


7. Bener nggak nih? kesannya nggak setia ya.

Instagram Down istimewa

foto: Twitter/@Aynsley_Broom

8. Saat down gini, Twitter yang dicari, Tuman.

Instagram Down istimewa

foto: Twitter/@mohekopranoto

9. Bisa separah itu ketika media sosial tak berfungsi.

Instagram Down istimewa
foto: Twitter/@HypentraSystem