Brilio.net - Mari bicara tentang vagina. Meski fungsi dan strukturnya sudah jelas dipahami terutama bagi wanita tapi ternyata ada hal-hal tak terbayangkan dan bisa dilakukan vagina, lho. Apalagi tak ada wanita yang memiliki organ kelamin vagina dengan bentuk sama persis, setiap wanita memiliki keunikan masing-masing. Nggak percaya? Berikut delapan fakta unik yang wanita alami dari vagina, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (14/8).

1. Mampu membersihkan dirinya sendiri

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

"Vagina didesain untuk membersihkan dirinya sendiri dengan proses sekresi yang alami," demikian penjelasan dari Britain's National Health Service dalam situsnya. Jika terkadang kamu dapat mencium bau khas (bukan bau seperti busuk menyengat karena infeksi) dan melihat ada cairan keruh keluar dari vagina, itulah hasil pembersihan dari dalam vagina dengan sekresi lengket yang menyiram sel, air, dan bakteri yang tidak baik.

Jadi, lupakan douche atau iklan pembersih area kewanitaan karena cairan atau lendir merupakan cara vagina membersihkan dirinya sendiri. Menurut US Department of Health and Human Services, pemakaian douche untuk membersihkan bagian dalam vagina tidak dianjurkan karena douche ditemukan dapat menyebabkan infeksi, iritasi dan mengubah pH seimbang vagina.

2. Terdapat banyak bakteri

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

Vagina juga mengandung banyak bakteri dibandingkan bagian lain tubuh. Meskipun begitu bakteri di vagina bukan tanpa manfaat, justru sangat berguna untuk menjaga keseimbangan di area tersebut. Seperti dilansir dari Huffington Post, bakteri NHS mencatat di sekitar vagina beberapa bakteri akan bekerja untuk menjaga kelembaban bahkan juga dengan menghasilkan zat kimia yang mencegah bakteri jahat yang hendak menyerang tubuh untuk menempel di dinding vagina.

3. Klitoris bisa ereksi

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

Tak banyak yang tahu bahwa wanita juga memiliki corpus cavernosa pada klitorisnya. Klitoris memiliki sepasang corpus cavernosa di dalamnya. Ini yang membuat wanita juga bisa mengalami ereksi ketika terangsang. Ketika wanita terangsang, darah yang mengalir ke area genital menjadi lebih banyak. Inilah yang menyebabkan, klitoris membengak dan menjadi lebih sensitif. Ukurannya pun berubah menjadi lebih besar, sama seperti proses ereksi pada pria yang terjadi karena corpus cavernosa pada otot ereksi dalam penis mereka dipenuhi oleh aliran darah.

4. Memiliki dinding lipat

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

Akordeon atau payung dapat membuka dan menutup karena ada lipatan. Nah, vagina juga melakukan dengan cara yang sama dan bisa mengembang. Jadi inilah yang harus kamu ingat saat berhubungan intim dengan memasukkan penis.

5. Vagina adalah otot dan lebih sensitif dari penis

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

Vagina adalah organ berbentuk tube yang terdiri dari otot yang elastis yang menghubungkan uterus, serviks dan bagian terluar organ seks seperti vulva. Klitoris adalah bagian dari vulva yang desainnya cuma punya satu tujuan, kenikmatan seksual, seperti ditulis di laman Planned Parenthood. Meski ukurannya kecil, klitoris memiliki 8.000 syaraf. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari jumlah syaraf yang dimiliki penis. Hasilnya, selain lebih sensitif, orgasme klitoris juga lebih kaya rasa dan lebih sensasional.

6. Membesar berpuluh kali lipat

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

Sama seperti penis! Saat terangsang, ukuran vagina menebal dan membesar bisa hampir dua kali lipat dari ukuran normal. "Selain itu, otot-otot tubuh juga mengencang, menarik rahim ke atas, menciptakan ruang lebih untuk penetrasi," kata Dr Debby Herbenick, profesor kesehatan dan seksualitas sekaligus Co-Director di Center for Sexual Health Promotion, School of Public Health-Bloomington Indiana University. Hebatnya, vagina memiliki kemampuan untuk memperluas sekitar 10 sampai 20 panjangnya dan 2,5 inci lebarnya selama hubungan seks.

7. Organ tubuh yang bisa berubah lebih kuat

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

Saat proses melahirkan vagina bisa mengembang sesuai ukuran kepala bayi. Tapi jangan khawatir karena organ ini juga memiliki kemampuan untuk kembali ke bentuk semula. "Karena organ ini tak hanya punya kemampuan hebat dan bersifat elastis, tapi juga kemampuan untuk mengerut mundur," demikian seperti dikutip dari laman What to Expect When You're Expecting.

Vagina bisa diperkuat dengan melakukan latihan untuk otot dasar panggul atau kegel. Latihan ini bukan hanya membuat otot di sekitar vagina dan anus lebih kuat terutama saat melahirkan, tapi juga memberi keuntungan buat wanita yang belum melahirkan. Bahkan dapat membuat hubungan seksual jadi lebih dahsyat, bagi pria.

8. Bisa kendur

8 Fakta unik vagina yang perlu kamu ketahui

Sama seperti payudara, vagina juga dapat kendur karena disebabkan oleh perubahan hormonal, kelahiran, atau genetika. Selain itu kenaikan berat badan, merokok, dan sembelit juga dapat menyebabkan kendurnya vagina. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat melakukan senam kegel. Banyak yang menganggap rangkaian aktivitas fisik yang menargetkan kekuatan otot-otot dasar panggul ini hanya bisa membantu agar cepat orgasme, faktanya latihan fisik itu juga baik untuk memperlancar masalah buang air atau kentut.