Brilio.net - Maraknya bisnis ojek online membuat banyak masyarakat berbondong-bondong menjadi pengemudi ojek. Adanya bisnis ojek secara online ini sangat membantu terutama di jam-jam macet dan dalam keadaan yang terburu-buru. Selain faktor biaya yang sudah memiliki harga pasti, sang penumpang juga dibekali dengan helm dan masker untuk melindungi kepala dan menangkal polusi udara.

Tahukah kamu bahwa di Indonesia sebelum ada ojek online, ternyata ada banyak jenis ojek yang tumbuh di masyarakat. Mulai dari ojek sepeda hingga hingga ojek payung pun ada. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis ojek yang ada di Indonesia, yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (19/12).

1. Ojek motor

7 Ojek ini hanya ada di Indonesia, kamu pernah coba yang mana? foto: dpandro.blogspot.com

Ojek yang satu ini mungkin paling sering sekali kamu lihat. dan kini ojek motor tersebut sudah banyak yang via online. Ojek motor merupakan salah satu transportasi darat yang masih banyak sekali dibutuhkan di Indonesia.

2. Ojek sepeda ontel

7 Ojek ini hanya ada di Indonesia, kamu pernah coba yang mana? foto: bintang.com

Ojek sepeda ontel adalah salah satu alternatif kendaraan umum yang ramah lingkungan. Ojek ini bisa kamu temui di tempat-tempat tertentu. Salah satunya di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.  di depan Museum Fatahilah kamu dapat menjumpai ojek sepeda ini,  untuk berkeliling Kota Tua yang sarat dengan sejarah Jakarta.

3. Ojek payung

7 Ojek ini hanya ada di Indonesia, kamu pernah coba yang mana? foto: kawankumagz.com

Masuki musim hujan, sejumlah pusat keramaian menjadi tempat ojek payung mengais rezeki. Selain membantu warga yang lupa membawa payung, ojek payung juga tentu membawa keuntungan bagi tukang ojek payung.

4. Ojek gerobak banjir

7 Ojek ini hanya ada di Indonesia, kamu pernah coba yang mana? foto: merdeka.com

Banjir yang biasanya merendam hampir seluruh wilayah Jakarta tak melulu dianggap membawa kerugian. Bagian sebagian warga ibukota, momen ini justru dimanfaatkan untuk meraup pundi-pundi uang. Banyaknya permintaan warga atau karyawan di sekitar kawasan banjir untuk menyeberangi banjir, membuat sejumlah ojek gerobak bermunculan. Jika sehari gerobak ini digunakan membawa barang, di musim penghujan ini beralih fungsi sebagai alat transportasi dadakan.

5. Ojek tikar

7 Ojek ini hanya ada di Indonesia, kamu pernah coba yang mana? foto: prides-online.com

Orang yang biasanya menyewakan tikar di tempat wisata, disebut juga ojek tikar. Biasanya ojek tikar ini menjajakan tikar untuk keluarga yang ingin berpiknik tapi tak membawa tikar.

6. Ojek barang

7 Ojek ini hanya ada di Indonesia, kamu pernah coba yang mana? foto: beritadaerah.co.id

Ojek ini hampir serupa dengan jasa kurir. Mereka mengantarkan barang dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya.

7. Ojek syariah

7 Ojek ini hanya ada di Indonesia, kamu pernah coba yang mana?

foto: vemale.com

Ojek yang satu ini tengah booming sejak booming pula ojek via online. Hadirnya ojek syariah disambut baik warga khususnya wanita yang tak mau bepergian bila bukan dengan muhrimnya.