Brilio.net - Kamu tahu buah murbei? Buah asal China ini terbukti memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat antosianin yang terkandung di dalamnya berguna untuk mengobati penyakit diabetes, mencegah serangan jantung dan kanker. Selain itu, buah yang biasanya tumbuh di daerah lereng gunung ini juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, dan mengatur kadar gula dalam darah.

Yoghurt buah murbei, makanan sehat pencegah kanker dan diabetes

Melihat begitu banyaknya manfaat yang terdapat dalam buah ini, tiga mahasiswa asal Universitas Brawijaya (UB) Malang kemudian mengkreasikan yoghurt buah murbei. Hasil karya Dwi Pujiana, Anik Haryanti dan Ashva Afkarina yang bernama Soyghurt Murbei Kaya Antioksidant (SOYBRAY) itu tidak hanya mempunyai keunggulan dari segi rasa, namun juga kaya akan gizi yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

"Kami mencoba untuk mengembangkan sebuah produk yang memiliki manfaat fungsional juga bagi tubuh yaitu Soybray ini," ungkap Dwi kepada brilio.net, Kamis (11/6).

Menurutnya, konsep produk Soybray mengusung pangan fungsional, yaitu produk-produk makanan yang dapat meningkatkan kesehatan dan juga mencegah terjadinya penyakit. Di samping itu, yoghurt buah murbei diharapkan mampu menjadi alternatif panganan sehat dan mampu meningkatkan perekonomian para pedagang susu kedelai dan petani.

"Harapan selanjutnya yaitu komersialisasi produk, karena target kami tidak hanya di Malang saja, kalau bisa masuk ke market yang lebih luas," imbuhnya.

BACA JUGA:

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga

Kabar gembira buat wanita, kopi ternyata ampuh cegah kanker payudara

Ramuan teh ini dipercaya bisa bikin wanita lebih panjang umur

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Bocah ini sumbangkan 25 cm rambutnya kepada penderita kanker

Ini cara mengurangi jumlah kalori ketika memasak nasi mengurangi kalori saat menanak nasi

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah