Brilio.net - Siapa sih, yang nggak tahu Hello Kitty? Tokoh lucu asal Jepang ini memang memiliki banyak penggemar khususnya anak-anak perempuan. Bahkan pernak pernik yang bertemakan Hello Kitty selalu banyak dijual di seluruh penjuru dunia.

Namun, baru-baru ini tersiar kabar bahwa website resmi Sanriotown.com, yang merupakan perancang dari Hello Kitty, diretas. Bukan hanya wesbite biasa, di situs ini ada 3,3 juta akun pembeli dengan berbagai informasi, misalnya jenis kelamin, tanggal lahir, dan kata sandi.

Dilansir brilio.net dari channelnewsasia.com, Selasa (22/12), menurut peneliti keamanan Chris Vickery, hacker ini mengambil informasi pengguna SanrioTown dalam sebuah database online dengan salinan 2 server backup pada awal November lalu. Situs Sanrio lainnya, seperti hellokitty.com, hellokitty.com.sg, hellokitty.com.my, dan mymelody.com juga bocor ke tangan hacker.

Database Sanriotown ini memang tidak berisi informasi kartu kredit. Namun, informasi pribadi dan password yang diketahui oleh hacker bisa digunakan untuk meretas profil pengguna di situs lainnya.

Hal ini sering kali terjadi karena 55 persen orang dewasa menggunakan password yang sama untuk sebagian besar akun di berbagai situs. Misalnya, akun Facebook, Twitter, Path, Instagram, atau situs berharga lainnya, password dan username sering kali sama.

Loading...

Hack pada situs Sanriotown ini pertama kali ditemukan oleh blog Asin Hash. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh pengguna Sanriotown agar mengubah password mereka di situs lain, terutama pada situs perbankan online dan media sosial yang berisi informasi sensitif. Hingga kini, Sanrio menjelaskan kemungkinan belum ada data yang dicuri.