Brilio.net - Apa yang kadang membuatmu malas untuk datang ke rumah sakit buat check up? Males ngantri? Takut divonis penyakit yang berat? Ya, dua hal ini kadang membuat seseorang berpikir dua kali untuk melakukan check up rutin ke dokter. Tidak dipungkiri bahwa saat ini untuk mendapatkan waktu konsultasi saja kamu harus mengantri panjang.

Adalah Fadli Wilihandarwo, Dimas Ragil M, Haydar Ali, Hanifah Nur Laili, dan Rusma melakukan inovasi dalam pelayanan kesehatan. Para mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu membuat sebuah wesite dan aplikasi mobile yang dapat mengumpulkan pasien dengan penyakit yang sama, sehingga membuat mereka dapat saling terhubung dan berkomunikasi. Karya Fadli tersebut dapat diakses di ruangpasien.com.

Situs ini merupakan aplikasi web dan mobile yang dapat menjadi media komunikasi pasien dan dokter dalam menghadapi berbagai persoalan kesehatan. "Masalah utama dari dunia kesehatan adalah waktu ketemu untuk konsultasi yang kadang terbatas," jelas Fadli saat ditanya brilio.net perihal latar belakangnya untuk membuat aplikasi ini, Jumat (17/4).

Selain itu, yang melatarbelakangi dirintisnya ruangpasien.com adalah kondisi masyarakat Indonesia yang sangat mudah mengalami depresi saat mendapatkan vonis penyakit yang cukup berat, seperti kanker. "Ketika didiagnosis penyakit berat, kanker misalnya, pasien merasa tertekan dan sendiri, padahal di luar sana masih banyak pasien lainnya yang yang lebih dulu terkena penyakit tersebut," lanjutnya.

Hal yang membedakan aplikasi ini dengan milis ataupun komunitas online di bidang kesehatan adalah mereka yang tergabung dalam ruang pasien akan terhubung dengan dokter-dokter yang memiliki verifikasi. Sehingga, jika ada kekeliruan saat sesama pasien berdiskusi, maka akan mendapatkan koreksi langsung dari dokter.

Tidak hanya itu, ruangpasien.com juga akan menyediakan profil khusus yang akan menjadi tempat bagi pasien untuk dapat menginput data medisnya. Sehingga saat berkomunikasi dengan dokter, sang pasien tidak perlu lagi menceritakan tentang penyakitnya ataupun obat-obat yang pernah dikomsumsi sebelumnya.

Wah keren ya karya mahasiswa UGM ini. Dengan keberadaan media konsultasi kesehatan online ini, maka konsultasi ke dokter tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit untuk dijangkau oleh masyarakat dikarenakan harga atau biaya yang mahal. Kini seluruh masyarakat dapat berkonsultasi kedokter hanya bermodalkan PC, jaringan internet ataupun android.

Jadi mulai saat ini kamu sudah bisa menggunakan jasa ruang pasien untuk konsultasi kesehatan. Nah, ini karya mereka, mana karyamu?