Brilio.net-Apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika membincangkan kotoran manusia? Sesuatu yang menjijikkan bukan? Sekelompok ilmuwan California baru-baru ini melakukan penelitian dan hasilnya biasa sekaligus mengejutkan. Mereka berhasil mengubah kotoran manusia menjadi makanan dan material lain.

Seperti diberitakan mirror, Jum'at (21/8), Mark Blenner, ketua tim peneliti dari Clemson University, California, berhasil menyelesaikan penelitian yang mereka sebut Synthetic Biology for Recycling Human Waste into Food, Nutraceuticals, and Materials: Closing the Loop for Long-Term Space Travel.

Studi ini diyakini menawarkan solusi jitu terhadap keterbatasan stok makanan untuk para astronot yang sedang melakukan misi luar angkasa, terutama misi jangka panjang. Hasil studi tersebut kemudian mendapatkan penghargaan dari NASA dan diharapkan mampu menunjang misi luar angkasa. Selain itu, NASA juga memberikan suntikan dana agar dilakukan penelitian lebih lanjut.

Hibah yang diberikan NASA diperkirakan mencapai 128 ribu punsterling selama lebih dari tiga tahun masa penelitian untuk fakultas yang melakukan riset teknologi pendukung misi NASA. Program hibah oleh NASA sebenarnya bukanlah hal yang baru. NASA juga kerap membiayai berbagai penelitian yang dilakukan universitas untuk menunjang sains dan kebutuhan eksplorasi NASA di luar angkasa.

Loading...