Brilio.net - Tahukah kamu, 95 persen merek didunia hanya menggunakan satu atau dua warna dalam bisnisnya? Nggak nyangka kan, pemilihan warna ternyata berpengaruh terhadap suatu bisnis.

Warna bisa menggambarkan sifat dan karakteristik pemilik bisnis dan menggambarkan produk yang ditawarkan. Ada kalanya sebuah bisnis mampu sukses karena memiliki pilihan warna yang tepat.

Kamu yang baru mau memulai suatu bisnis, nggak ada salahnya memperhatikan dalam pemilihan warna. Memilih warna memang pekerjaan yang gampang-gampang susah, karena kalau nggak cocok yang ada malah terlihat aneh.

Nah, untuk menambah pengetahuan mengenai warna yang cocok untuk bisnismu, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, warna-warna apa saja yang cocok dengan bisnismu, Senin (17/11):

1. Biru

Warna-warna ini ternyata pengaruhi hoki bisnismu, benar nggak?

foto: shutterstock.com
Biru merupakan warna yang populer. Jadi nggak salah kalau 33 persen perusahaan didunia memilih warna ini sebagai warna inti dalam bisnis mereka. Warna biru menggambarkan sebuah kebersihan, keamanan, perintah, inspirasi, sabar, sensitif, bijaksana dan segar.

Kalau kamu punya bisnis teknologi, keuangan atau energi, warna ini cocok buat bisnismu. Contoh perusahaan besar yang dominan dengan warna ini adalah IBM.

2. Merah

Warna-warna ini ternyata pengaruhi hoki bisnismu, benar nggak? foto: shutterstock.com
Merah menjadi pilihan warna yang sangat menarik dan juga dianjurkan dalam rencana pembuatan sebuah bisnis. Merah melambangkan suatu kekuasaan, sifat yang agresif, energik, provokatif, dan menarik perhatian.

Menurut beberapa riset, warna merah akan cenderung menarik perhatian calon pelanggan lebih kuat dari warna lainnya. Bisnis yang cocok dengan warna ini adalah bisnis kuliner, teknologi, atau transportasi. Contoh perusahaan besar yang menggunakan warna merah adalah Coca Cola.

3. Hijau

Warna-warna ini ternyata pengaruhi hoki bisnismu, benar nggak?

foto: shutterstock.com
Hijau itu menenangkan. Warna hijau dipilih karena banyak menyenangkan perasaan pelanggan. Warna hijau juga mampu menciptakan pikiran kekayaan untuk setiap yang melihatnya.

Beberapa sektor bisnis yang cocok untuk warna ini antara lain bisnis energi, kuliner, kesehatan, atau agrikultur. Starbuck dan British Petroleum adalah contoh perusahaan besar yang dominan dengan warna hijau.

4. Kuning

Warna-warna ini ternyata pengaruhi hoki bisnismu, benar nggak? foto: shutterstock.com
Kalau hijau menenangkan, maka kuning menggambarkan sikap positif, kreatifitas, dan motivasi. Warna kuning juga memberikan perhatian yang lebih kepada pelanggan.

Bisnis kuliner dan properti sangat cocok menggunakan warna dengan dominan warna kuning. Mcdonald adalah contohnya yang memakai warna kuning.

5. Ungu

Warna-warna ini ternyata pengaruhi hoki bisnismu, benar nggak? foto: shutterstock.com
Warna yang identik dengan janda ini sebenarnya menggambarkan sifat yang mewah, glamor, canggih, nostalgia, misteri, dan spiritual. Warna ungu juga merupakan warna kerajaan, karena terlihat sempurna dan elegan.

Bisnis keuangan, teknologi dan juga kesehatan sangat cocok menggunakan warna ini. Yahoo yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar dengan bangga menggunakan warna ini.

6. Oranye

Warna-warna ini ternyata pengaruhi hoki bisnismu, benar nggak? foto: sahultrading.com
Oranye menggambarkan sifat yang penuh vitalitas, keceriaan, humoris dan fun. Selain teknologi, bisnis kuliner juga cocok menggunakan warna ini. Contohnya adalah Dunkin Donuts dan Fanta.

7. Hitam

Warna-warna ini ternyata pengaruhi hoki bisnismu, benar nggak? foto: shutterstock.com
Ada 28 persen perusahaan dunia menggunakan warna hitam sebagai warna dominan perusahaan mereka. Hitam menjadi warna yang netral dan sangat serba guna. Warna hitam juga menjadi warna pilihan untuk menggambarkan sifat elegan.

Warna hitam juga menggambarkan sifat kekuatan, kemewahan, misteri dan keagungan. Bisnis yang sangat cocok menggunakan warna ini adalah bisnis fashion, teknologi dan juga transportasi. Nike, Converse, dan Adidas adalah perusahaan besar yang dominan dengan warna ini.