Brilio.net - Memiliki historis kebudayaan yang sama membuat orang Belanda memiliki kedekatan dengan orang Indonesia. Begitu juga yang diceritakan oleh Janu Muhammad. Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menceritakan bahwa orang di Belanda pasti langsung bisa mendeteksi orang Indonesia saat pertama kali berkenalan.

"Iya waktu pertama kali berkenalan dengan orang Belanda mereka langsung tahu saya orang Indonesia, padahal saya sudah pakai bahasa Inggris," cerita Janu kepada brilio.net Rabu (10/6). "Lagipula mahasiswa Asia di sana bukan saya saja, ada banyak yang perawakannya sama seperti saya."

Warga negara di sini pasti mengenal orang Indonesia, di mana itu?

Janu Muhammad

"Saya juga tidak mengerti bagaimana mereka bisa tahu saya orang Indonesia, mungkin karena logat juga atau bisa jadi orang Belanda dan Indonesia punya kedekatan emosional secara historis," tambahnya sambil tertawa.

Janu juga bercerita bahwa selama 3 minggu mengikuti summer school di Belanda, dia mendapatkan berbagai pengalaman berharga. "Di sana dosennya ramah-ramah. Fasilitas seperti perpustakaan juga besar dan lengkap. Selain itu di sana juga tidak ada kendaraan bermotor, semuanya pakai sepeda, makanya cocok untuk belajar, suasananya tenang," tutur mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi.

Mahasiswa ber-IPK 3,7 ini mengungkapkan bahwa dirinya saat ini tengah dalam persiapan mengikuti seleksi beasiswa LPDP ke luar negeri. "Inginnya dapat di Belanda lagi, kebetulan ada jurusan yang saya minati yakni tentang geografi kota, semoga bisa lolos sehingga bisa mencapai cita-cita saya menjadi dosen," harap Janu.

BACA JUGA:

Begini cara kerja alat penjual bensin eceran Pertamini

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!

Ini dia 5 foto hidangan terakhir permintaan para terpidana mati

Kisah perjuangan Martini, dari tukang sayur menjadi eksportir sukses

HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut