Brilio.net - Selain mitos jika Lurah tak amanah akan meninggal, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul Kabupaten Bantu,l DIY juga menyimpan mitos lainnya. Mitos tersebut ada di perempatan jalan Palbapang yang merupakan salah satu penghubung antara Kabupaten Bantul dengan kabupaten Kulonprogo.

Mitos yang ada turun menurun menyebutkan bahwa jika ada pengantin yang melewati perempatan tersebut, maka harus melepaskan ayam jago. Selain itu, jika ada warga desa yang sakit, maka harus menghindari perempatan tersebut saat dibawa ke rumah sakit. Alasannya, melewati perempatan tersebut sama saja dengan menyetorkan nyawanya untuk mati.

KH. Badrussalam (52), sesepuh desa setempat menyebutkan bahwa memang hingga kini tak sedikit warga yang masih percaya akan mitos tersebut. Hal itu membuat pengantin ketika melewati perempatan tersebut akan melepaskan ayam jantan.

"Untuk menghindar dari mitos itu, ada juga yang memilih jalan alternatif agar tak melewati jalan tersebut," terang KH. Badrussalam kepada brilio.net, Kamis (11/6).

Hal yang sama juga terjadi pada orang yang sakit. Mitos yang ada, orang yang sakit jika melewati perempatan tersebut akan meninggal. Untuk menghindari itu, maka mereka bisanya memilih melewati jalan alternatif.

KH. Badrussalam menerangkan bahwa sebenarnya hal itu hanya berlaku bagi orang yang percaya tentang hal itu saja. Jika orang tersebut tak memercayai mitos tersebut, maka tak akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Asal orangnya mantap, tak akan terjadi apa-apa," terang KH. Badrussalam.