Brilio.net - Selain kekayaan alam, Indonesia juga memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam. Tidak jarang  kekayaan budaya Indonesia banyak digemari oleh masyarakat luar negeri. Lalu budaya Indonesia yang mana saja yang banyak dipelajari oleh warga negara asing?

1. Angklung

Warga asing kesengsem dengan budaya Indonesia ini, apa saja?

Keberadaan angklung sudah dikenal di berbagai negara sebagai alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia. Alat musik yang terbuat dari bahan dasar bambu ini memang bukan hal baru bagi warga negara asing. Cara memainkan yang mudah dipahami menjadi salah satu alasan bagi warga negara asing untuk mempelajari angklung.

"Belajar angklung itu susah gampang, saya suka dengan musik yang dihasilkan dari angklung yang sangat harmonis," ujar Smith, warga negara Jerman dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata kepada brilio.net, Jumat (11/9). Smith sudah mempelajari angklung selama beberapa tahun, wah keren.

Loading...

2. Batik

Warga asing kesengsem dengan budaya Indonesia ini, apa saja?

Seni menggambar dengan malam di atas kain juga menjadi salah satu budaya Indonesia yang sudah mendunia. Batik dengan puluhan motif memiliki daya tarik yang luar biasa. Bahkan seorang warga negara Jepang bernama Zushima sengaja mengikuti workshop membatik yang diadakan oleh komunitas warga negara Indonesia di Jepang untuk mempelajari bagaimana cara membatik.

"Batik itu unik, batik tidak sekedar kain tapi juga merupakan karya seni," ujarnya saat ditemui brilio.net di acara Internasional Culture Festival yang digelar di Taman Budaya Yogyakarta.

 

3. Wayang

Warga asing kesengsem dengan budaya Indonesia ini, apa saja?

Wayang merupakan seni pertunjukan Indonesia yang juga banyak dipentaskan di berbagai negara. Seperti halnya di Australia mudah dijumpai berbagai pagelaran wayang dan workshop yang memperkenalkan tentang wayang. "Suka nonton wayang yang karakternya unik-unik," komentar Dyan, warga negara Australia.

4. Tari pendet

Warga asing kesengsem dengan budaya Indonesia ini, apa saja?

"Saya sering mengikuti kursus kelas tari pendet di negara saya," kata Guangho seorang pelajar China yang sedang mengikuti pertukaran pelajar di Indonesia.

Tari pendet asal Bali juga menjadi budaya Indonesia yang banyak dipelajari oleh warga negara asing. Seperti yang dijumpai di China, ada beberapa sanggar yang mengajarkan cara menari pendet.

5. Pencak silat

Warga asing kesengsem dengan budaya Indonesia ini, apa saja?

"Pencak silat adalah ilmu bela diri yang sangat sulit menurut saya, tapi sangat keren," jelas Zaid, seorang mahasiswa asal Malaysia.

Bukan hanya alat musik dan tarian saja yang digemari oleh warga negara asing, seni bela diri asli Indonesia seperti pencak silat juga masuk ke jajaran budaya Indonesia yang banyak digemari dan dipelajari oleh warga negara asing.

6. Gamelan

Warga asing kesengsem dengan budaya Indonesia ini, apa saja?

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berupa metalofon, gambang, gendang dan gong. Setelah angklung, maka gamelan kemudian menjadi alat musik yang banyak digemari oleh warga negara asing bahkan dibeberapa tempat di Amerika Serikat dan Australia, alat musik ini dipelajari secara khusus di komunitas-komunitas anak muda.

"Gamelan itu suaranya sangat berirama dan kita bisa memilih beragam jenisnya," komentar Beau, mahasiswa dari Thailand.

Jika warga negara asing saja mengagumi budaya Indonesia dan susah payah belajar untuk bisa memahaminya, bagaimana dengan kamu yang lahir dan besar di Indonesia? semangat belajar budaya Indonesia jangan mau kalah ya sama warga negara asing.