×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Wanita pilot tempur Perang Dunia II kembali terbang di usia 92 tahun

View Image

0

BRILIO » News

Wanita pilot tempur Perang Dunia II kembali terbang di usia 92 tahun

Pernah menerbangkan 38 jenis pesawat tempur selama Perang Dunia II.

02 / 10 / 2015

Brilio.net - Joy Lofthouse, seorang veteran pilot wanita mengaku gembira mendapatkan kesempatan untuk kembali terbang dengan pesawat Spitfire setelah 70 tahun pensiun. Wanita yang kini berusia 92 tahun itu dulu pernah menerbangkan 38 jenis pesawat tempur selama Perang Dunia II.

Joy adalah salah satu dari 164 wanita anggota dari Air Transport Auxiliary. Tujuh dekade pasca terakhir terbang, Joy menceritakan kembali pengalamannya terbang lagi. "Sangat menyenangkan tapi aku sadar dengan usiaku sekarang. Jadi aku berharap bahwa segala sesuatunya akan baik-baik saja. Sekarang aku tidak se-PEDE dulu ketika masih muda," ujarnya ketika diwawancarai BBC yang dikutip brilio.net, Jumat (2/10).

Wanita pilot tempur Perang Dunia II kembali terbang di usia 92 tahun

Meski kini dia hanya terbang sebagai co-pilot, Joy mengaku sangat gembira. "Ini luar biasa untuk berada dalam Spitfire lagi setelah begitu lama. Saya sangat beruntung diberi kesempatan untuk terbang lagi. Sulit untuk menggambarkan dengan kata-kata," imbuhnya.

Dia menuturkan satu-satunya perbedaan pesawat dulu dengan sekarang terletak pada alat berkomunikasi. "Kami dulu tidak menggunakan radio. Setelah lepas landas, semuanya menjadi sunyi," kenangnya. "Kalau sekarang ada seseorang yang selalu berbicara sepanjang waktu."

Loading...

Wanita pilot tempur Perang Dunia II kembali terbang di usia 92 tahun

Menurut Joy, tugas pilot wanita kala itu adalah mengantarkan kebutuhan para tentara. Kendati tidak ikut berperang, mereka juga kerap menghadapi berbagai tantangan yang bisa membahayakan keselamatan jiwa. "Cuaca adalah musuh terbesar kami. Dalam beberapa kesempatan, aku hampir kehilangan nyawa," kata Joy.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more