Brilio.net - Acara akbar tahunan yang di tunggu-tunggu warga Yogyakarta akhirnya dimulai pada Rabu (19/8).

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-27 digelar, dengan agenda awal, karnaval. Banyak kelompok dari perwakilan daerah-daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ikut berpartisipasi, mulai dari paguyuban petani, kelompok kesenian, sampai tentara Angkatan Darat.

Antusias masyarakat juga tak kalah heboh. Sekalipun acara pawai sedikit molor beberapa menit dari jadwal pukul 15.00 WIB, namun sejak pukul 14.00, warga Yogyakarta sudah mulai tumpah ke jalan di dekat Gedung Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

"Acaranya dari tahun ke tahun semakin bagus, dilihat dari seninya dan pesertanya banyak anak kreatif yang ikut. Saya cukup sering nonton bersama anak-anak kalau pas libur, nggak cuma pawai, pamerannya pun saya lihat," ujar Siska (30) kepada brilio.net.

Loading...

Sedikit berbeda dengan pendapat seorang mahasiswi jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta  (UNY), Isna (21). "Menurut saya pawai FKY tahun ini kurang beragam atau rame daripada tahun kemarin. Kalau tahun kemarin kan, diadakan di daerah Malioboro yang memang daerah wisatawan asing, jadinya bisa menarik perhatian mereka," ungkapnya.

Untuk kamu yang terlewatkan "preambule" FKY 27, tak perlu khawatir. Selesai pawai, acara akan berlanjut dengan pembukaan FKY di Taman Kuliner Condong Catur pada pukul 19.00 WIB. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY ini akan digelar mulai 19 Agustus sampai 5 September 2015.

Pastikan kamu ikut merasakan kemeriahan acara yang menawarkan seni, budaya, dan kreatif Yogyakarta ini, ya.