Brilio.net - Perut keroncongan saat lapar mungkin jadi salah satu hal yang paling ditakuti oleh siapa saja yang sedang dalam situasi penting.

Nggak lucu juga kan, kalau tiba-tiba terdengar suara perut meronta saat kita harus presentasi di kelas atau bahkan saat interview kerja, malunya di mana-mana tuh. Nah sebelum itu terjadi lagi, tampaknya kita harus terlebih dahulu memahami mengapa perut kita bisa mengeluarkan suara saat kita lapar.

Berikut dilansir dari sebuah video yang diunggah oleh akun scishow di Youtube Rabu (17/6), menjelaskan bahwa sebenarnya suara perut tersebut dihasilkan oleh udara yang bergerak melalui saluran pencernaan dan meskipun udara tersebut sebenarnya tidak keluar dari dalam tubuh, hal itu tetap saja akan menimbulkan adanya suara. Sistem pencernaan seseorang biasanya akan memindahkan hal-hal di dalamnya dengan memanfaatkan pergerakan kontraksi otot.

Biasanya hal tersebut dilakukan untuk memindahkan sebagian makanan yang sudah dicerna, dan faktanya udara dalam perut juga ikut bergerak dan menyebabkan munculnya getaran suara. Proses munculnya suara yang ditimbulkan oleh udara dalam perut itu sama halnya ketika kita meniup sedotan kita dan menghasilkan gelembung-gelembung.

Saat seseorang merasa lapar, otot akan mengalami kontraksi lebih keras karena sistem pencernaan tubuh harus benar-benar membersihkan (mencerna) makanan yang tersisa sebelum kemudian ada makanan lain yang dikonsumsi. Ketika seseorang mulai makan, hal itu yang nantinya dapat menenangkan kontraksi dan juga meminimalisir suara perut.

Loading...

Tapi pada akhirnya tidak peduli apakah kamu sedang lapar atau tidak, selama sistem pencernaanmu sangat aktif maka dia akan mengeluarkan suara, dan tak banyak yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.