Brilio.net - Sebuah kawah yang terbakar di tengah Gurun Karakum, Turkmenistan menyemburkan api tak tak berhenti sejak 1971. Karena api yang membara tak berhenti lebih dari 4 dekade, orang-orang banyak menyebutnya sebagai Door To Hell atau Pintu ke Neraka.

Kawah tersebut terletak di desa Derweze, sekitar 270 kilometer sebelah utara ibu kota Ashgabat. Turkmenistan sendiri merupakan negara yang terletak di utara Iran.

VIDEO: Menyeramkannya 'pintu neraka' di Turkmenistan

Dikutip dari dailymail.co.uk, Door To Hell ini adalah lokasi bekas operasi minyak Uni Soviet yang tidak beres karena rig runtuh ke dalam kawah besar. Khawatir gas metana yang ada di pengeboran itu menyebar ke kota terdekat, pada ahli geologi Uni Soviet lalu memutuskan untuk membakarnya. Mereka berpikir pembakaran itu hanya berlangsung beberapa hari saja.

Tapi saat ini, lebih dari empat dekade, kawah tersebut masih terbakar dan kini tempat tersebut malah menjadi tempat wisata di Turkmenistan. "Kawah terbakar, tapi kini malah menarik banyak wisatawan setiap tahunnya, terutama dari kalangan wisatawan asing," kata seorang pejabat pariwisata Turkmenistan.

Loading...

VIDEO: Menyeramkannya 'pintu neraka' di Turkmenistan

Pengunjung yang ingin mencari sensasi bisa berdiri di dekat kawah yang panasnya bisa mencapai 50 derajat celcius. Meskipun bahaya, tapi kawah ini tidak dipagari sehingga pengunjung bisa berada di tepi kawah.

Penasaran seperti apa Pintu ke Neraka tersebut? Simak video berikut!