Brilio.net - Jika kamu pernah mencoba merekam suaramu dan mendengarkannya kembali, mungkin kamu akan menyadari bagaimana suaramu terdengar sangat berbeda dan memiliki nada lebih tinggi daripada yang biasanya kamu dengar. Dan kemudian hal itu membuatmu bertanya-tanya “Apa ini benar suara saya?”

Dilansir dari sciencealert.com Senin (15/6), juka menurutmu suaramu sehari-hari terdengar berbeda dengan suara yang terdengar saat rekaman, hal itu bukan berarti suaramu jelek. Karena hal tersebut semata-mata terjadi karena biasanya kamu mendengarkan suaramu yang terdengar lebih dalam dan lebih bergema daripada yang terdengar di rekaman.

Hal tersebut dikarenakan ketika kita berbicara, kita tak hanya akan mendengar suara yang kita hasilkan yang mengalir melalui udara menuju bagian dalam telinga kita, tetapi kita juga akan mendengar suara lain yang ada disekitar.

Selain itu, bagian tulang dan otot-otot pada kepala juga akan bekerja lebih baik saat harus mentransmisi frekuensi getaran rendah daripada mentransmisi nada tinggi. Itulah kemudian yang menyebabkan suara kita terdengar lebih rendah daripada yang ada sebenarnya.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, kamu bisa cek video yang diunggah oleh scishow pada akun Youtube-nya di bawah ini.

Loading...