Brilio.net - Pesona gunung berapi di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Salah satu gunung berapi yang memiliki pemandangan indah nan eksotis, yaitu Kawah Ijen. Kawah yang berada di Gunung Ijen ini kabarnya mengeluarkan lava yang berwarna biru. Kok bisa?

Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif dan terakhir meletus sekitar 16 tahun yang lalu tepatnya pada bulan Juni 1999. Gunung yang memiliki ketinggian 2.368 meter ini terletak di antara dua kabupaten, yaitu Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Jika dilihat di malam hari, Kawah Ijen ternyata memiliki pemandangan yang luar biasa. Lava yang muncul di kubangan kawah tersebut tampak berwarna biru, berbeda dari kawah biasa yang umumnya berwarna kuning kemerah-merahan.

Lava berwarna biru tersebut disebabkan adanya danau asam sulfat yang tepat berada di atas kawah. Zat kimia yang sangat beracun ini membuat lava dan asap dari Gunung Ijen menjadi berwarna biru.

Seperti dilansir brilio.net dari VegMomos.com, Selasa (17/3), dalam beberapa foto dan video dokumenter yang diambil fotografer Olivier Grunewald dan ahli Vulkanologi Rgis Etienne, tampak terlihat gugusan lava biru yang menyala-nyala dari permukaan kawah. Sungguh indah!

Yuk, kita saksikan video dokumenter pesona Kawah Ijen berikut ini: