Brilio.net - Jawaban atas pertanyaan "mana yang lebih dulu muncul, telur atau ayam?" masih menjadi misteri. Hampir semua orang memiliki alasannya sendiri saat menjawab pertanyaan tersebut. Dan yang mungkin menjadi pemikiran adalah ayam pasti menetas dari telur, jadi logikanya bagaimana bisa muncul ayam bila tak ada telur? Tapi sebuah telur pastilah juga dihasilkan oleh ayam, jadi bagaimana bisa ada telur tanpa ayam?

Dilansir dari fromquarkstoquasars.com, Minggu (17/5), hal pertama yang harus dimengerti adalah secara alami semua makhluk hidup berevolusi melalui perubahan DNA. Yang kedua, kita harus mengerti bahwa pada ayam, DNA dari sel sperma jantan dan sel telur betina bertemu dan berkombinasi membentuk zigot (sel pertama dari bayi ayam). Ini artinya dua spesies (jantan dan betina) tadi bertemu dan DNA dalam zigot tersebut mengalami mutasi dan kemudian menghasilkan ayam yang sebenarnya.

Itu berarti telur lah yang muncul terlebih dahulu, karena hal itu mengacu pada fakta bahwa telur ayam lah yang pertama menghasilkan ayam yang sebenarnya. Hal ini sebenarnya cukup logis, meskipun beberapa ilmuwan masih ada yang tidak sepakat dan berpikiran bahwa ayam lah yang harusnya muncul lebih dulu. Mereka menjelaskan bahwa protein yang ditemukan dalam sel telur ayam adalah hal yang penting dalam pembentukan telur ayam. Kemudian terjadilah sebuah mutasi yang dapat membantu pengerasan cangkang telur, yang berfungsi melindungi bagian dalam telur.

Terlepas dari perdebatan tadi, sebenarnya pertanyaan 'ayam atau telur kah yang pertama muncul?' dapat dijabarkan menjadi tiga pertanyaan, yaitu:

1. Mana yang lebih dulu, ayam atau telur (yang pertama di dunia)?

Loading...

2. Mana yang lebih dulu, ayam atau telur yang dikeluarkan oleh seekor ayam?

3. Mana yang lebih dulu, ayam atau telur yang di dalamnya terdapat calon bayi ayam?

Dan jawabannya adalah:

1. Telur. Spesies yang menghasilkan telur yang pertama di dunia tidak hanya ayam

2. Ayam. Jika sebuah telur ayam harus dihasilkan oleh ayam, maka sebelum telur ayam muncul pasti ada penjelasan mengenai ayam yang mengeluarkannya.

3. Telur, sudah jelas bahwa sebuah telur yang didalamnya terdapat calon ayam akan muncul terlebih darulu sebelum si ayam.

Nah, biar lebih jelas, lihat video di bawah ini ya.