Brilio.net - Eri Yunanto (21), mahasiswa Teknik Industri Universitas Atmajaya Yogyakarta yang terjatuh ke dalam kawah Gunung Merapi sedalam 300 meter saat melakukan pendakian ke puncak Merapi, Sabtu (16/5), saat ini masih dalam tahap evakuasi oleh tim SAR. Eri diduga terjatuh karena terpeleset saat di puncak. Sementara itu, belum ada kabar resmi dari tim SAR mengenai keadaan Eri.

Jika sebelumnya beredar foto terakhir Eri Yunanto saat berada di Puncak Tusuk Gigi yang sempat diabadikan oleh pendaki lain, kini beredar video kondisi puncak yang dipanjat oleh Eri itu. Seorang pendaki dengan akun Instagram @wani_perih sempat memotret dan mengambil video kondisi sekitar puncak Merapi, terutama di sekitar Puncak Tusuk Gigi. Foto dan video tersebut sudah dikonfirmasikan ke akun @wani_perih.

"Saya nyampe puncak jam 07.30 langsung ambil foto dan video terus turun, karena kondisi di puncak saat itu nggak memungkinkan untuk berlama-lama," kata Norix pemilik akun @wani_perih saat dihubungi brilio.net, Senin (18/5).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Menurut Norix, pagi itu ada sekitar 1.000 pendaki yang berada di kawasan Merapi, sedangkan yang ada di puncak sekitar 80 pendaki.

Menurut keterangan yang diperoleh Norix dan sesama pendaki lainnya, korban saat berjalan turun terpeleset dan jatuh ke arah selatan kawah. "Kondisi puncak saat itu selain panas juga ramai pendaki, belum lagi lokasi kejadian medan sangat berat dan berbahaya, banyak pendaki yang hanya berani mengambil foto di bawah puncak saja," tambahnya.

BERITA TERKAIT:

Ini kisah Puncak Tusuk Gigi tempat Eri Yunanto terakhir berfoto

Puncak merapi bikin ngeri selebar 1 m di bibir kawah rawan longsor

Beredar foto Eri Yunanto sebelum terjatuh ke kawah Merapi

Jenazah Eri Yunanto sudah ditemukan 50 meter dari bibir kawah Merapi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Ini alasan di balik pemberian tonjolan pada huruf F dan J di keyboard

(brl/pep)