Brilio.net - Angka kecelakan semakin hari tak kunjung bisa dikurangi. Semakin banyak pengguna kendaraan bermotor yang celaka, ternyata tidak membuat orang belajar dari kesalahan-kesalahan terdahulunya. Meskipun data mencatat ribuan orang meninggal di jalan raya akibat kecelakaan, namun hanya segelintir orang yang mengubah perilaku buruk berkendaranya.

Simaklah video-video pendek ini, niscaya kamu akan berfikir ulang untuk ngebut-ngebutan di jalan. Luangkan waktumu hanya beberapa menit saja untuk menontonnya, karena ini bisa jadi akan memperpanjang umurmu.

1. Other Pepople Make a Mistakes Slow Down
Pelan dan berhati-hatilah di jalan raya, karena meskipun kamu berkendara dengan benar, sebuah kecelakaan bisa saja disebabkan oleh kesalahan orang lain. Video ini diunggah oleh NZTransportAgency Pemerintah New Zealand.

2. Just Slow Down 2011

Terburu-buru tak bisa menjadi alasan untuk memacu gas lebih tinggi. Bukannya masalah selesai, tapi kamu justru bisa menambah masalah yang lebih besar akibatnya.

3. Just Slow Down 2012
Tidak konsentrasi saat mengendari, sebab ngobrol, melamun atau bermain gadget, mebuat kamu tak sadar dengan rambu-rambu lalu lintas yang ada. Akibat kesalahan sepele ini, nyawa bisa melayang.

4. Just Slow Down 2013
Sayangilah orang-orang yang berkendara bersamamu, suami, istri, anak, adik, atau teman. Jangan taruhkan nyawa mereka karena kebiasaan kamu yang suka ngebut. Lakukan itu sekarang sebelum semuannya terlambat. Penyesalanmu tak akan membuat mereka yang telah tiada bisa hadir kembali.

5. Just Slow Down 2014
Dalam video ini kamu akan diperlihatkan bukti nyata bahwa semakin kamu pelan dalam mengendarai motor, peluang hidupmu akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, semakin kamu ngebut, semakin kecil peluang hidupmu saat terjadi kecelakaan.

Keempat video terakhir adalah milik The Winnipeg Police Service, sebuah komite khusus yang dibentuk untuk memastikan kemanan pengguna jalan raya di Kanada.

Bagaimana? Kamu masih mau ugal-ugalan di jalan raya? Kebangetan kalau iya.