Brilio.net - Perdebatan antara telur atau ayam dulu yang lahir kadang masih terjadi. Namun, coba lupakan sejenak hal itu dan mari beralih ke fenomena baru yang sempat membuat heboh dunia sains, di mana ada telur dalam telur. Lho kok bisa?

Dalam sebuah video yang berjudul "big egg", terlihat seorang pria yang sedang mencoba memecahkan telur ayamnya. Sang pria mulanya heran karena telur tersebut memiliki bentuk yang lebih besar dari telur biasanya. Setelah dipecahkan, hal yang menghebohkan justru terjadi. Dalam telur tersebut ada telur lagi dengan bentuk yang normal seperti telur lainnya.

Banyak orang yang tidak percaya dengan fenomena tersebut. Namun seorang profesor menjelaskan bahwa hal tersebut mungkin saja bisa terjadi. "Untuk melihat telur dalam telur memang hal yang langka," ungkap Gregoy Bedecarrats, profesor ilmu unggas di Universitas Guelph seperti dikutip dari iflscience, Minggu (26/04). "Aku belum pernah melihat secara pribadi namun itu bisa saja mungkin."

Hal ini bisa terjadi karena adanya gerakan kontra gerak peristaltik, di mana telur yang terbentuk di saluran dan oosit dilepaskan terlalu cepat. Sehingga menyebabkan kontraksi yang mendorong telur pertama kembali. Hal inilah yang memnyebabkan tertanamnya jumlah dua telur dalam saluran.

Loading...