Brilio.net - Kalian semua pastilah sudah familiar dengan cerita-cerita di film yang memperlihatkan seekor burung mengirimkan surat milik majikannya, atau yang biasa kita kenal dengan merpati pos.

Adegan itu biasanya ada di film-film kolosal karena menurut kakek nenek kita juga hanya orang zaman dahulu yang mengirimkan surat dengan bantuan seekor burung. Karena yang pasti belum ada kantor pos. Tapi apa benar bahwa semua burung dapat membantu kita mengantar surat?

Seperti yang dilansir brilio.net dari sciencealert.com Kamis (14/5), tidak semua burung memiliki keahlian mengantarkan sebuah surat, kecuali mungkin merpati yang memang dulunya digunakan oleh masyarakat untuk menyebarkan pengumuman mengenai Olympic Games. Merpati dikenal sebagai burung pengantar surat karena hal ini ada kaitannya dengan sifat alamiah mereka.

Dalam website tersebut dijelaskan bahwa merpati dapat selalu kembali pulang ke sarang mereka sebelumnya, tidak peduli seberapa jauh kamu membawanya pergi. Dan dalam video di bawah ini juga menjelaskan bahwa mereka memiliki sebah sistem organ yang memudahkan mereka untuk menemukan sarangnya meskipun mereka berada sejauh 1.800 km dari sarang tersebut.

Namun hal itu juga berarti bahwa merpati hanya dapat mengirimkan surat menuju satu destinasi saja yang terletak di sekitar sarangnya berasal.

Coba cek video di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut: