Brilio.net - Banyak anak kecil yang ketika ditanya tentang cita-citanya, menjawab menjadi astronot. Padahal kenyataannya ketika dewasa hanya sedikit atau bahkan tidak ada yang mau menjadi astronot. Ya, menjadi astronot memang pekerjaan yang sangat berat dengan resiko yang besar, sehingga banyak orang enggan menjadi astronot.

Meski begitu ada juga beberapa orang yang benar-benar teguh ingin menjadi astronot. Di antaranya adalah para astronot dari Canadian Space Agency. Di tengah kesibukan dan keterbatasan bergerak di luar angkasa, mereka masih mau membagikan tips-tips bertahan hidup di luar angkasa. Penasaran? Yuk cek di bawah ini:

1. Sikat gigi dengan setetes air

Berada di luar angkasa tentu membuat benda-benda bisa melayang sendiri karena tidak ada gravitasi, tak terkecuali air. Seorang astronot bernama Chris Hadfield mengatakan bahwa untuk gosok gigipun mereka hanya menggunakan setetes air untuk kumur.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Menggunakan toilet di luar angkasa

VIDEO: Begini cara hidup astronot di luar angkasa, menakjubkan!

Toilet di luang angkasa lebih kecil daripada di bumi. Dan untuk mereka para astronot memang didesain sudah ada alat penyedot langsung. Selain itu air jarang atau bahkan tidak digunakan di sana. Mereka menggunakan tisu toilet yang telah didesain khusus. Begitu juga untuk mandi, mereka jarang mandi, kebanyakan hanya membersihkan muka saja dengan handuk.

3. Tidur di luar angkasa hanya di kotak kecil

Jangan membayangkan kamu bisa tidur enak di luar angkasa. Di sana kamu hanya disediakan kotak kecil dengan sleeping bag di dalamnya. Bahkan untuk menjaga agar tidak melayang, kasurnya dilengkapi dengan alat yang membuat astronot tetap menempel dengan kasur.

4. Keramas di luar angkasa

Berbulan-bulan di luar angkasa tentu akan membuat rambut lepek jika tidak dikeramas. Namun bagaimana cara keramas jika air saja terbatas? Sama dengan gosok gigi sebenarnya, keramas pun juga simpel. Cukup sediakan sampo, handuk, kemasan air dan sisir. Pertama basahi rambut dengan air. Karena di luar angkasa, air akan berubah menjadi gel. Jadi hanya perlu beberapa tetes lalu usap ke seluruh rambut. Setelah itu usap lagi dengan sampo, setelah dirasa cukup, bilas langsung dengan handuk. Dan jangan lupa disisir, simpel kan?

5. Masak di luar angkasa

Makanan tentu menjadi hal yang penting bagi setiap makhluk hidup tak terkecuali astronot yang sedang bertugas di luar angkasa. Untuk makanan mereka sudah membawa stok dari bumi yang sudah dimasukkan dalam kemasan plastik aluminium. Untuk peralatan dapur seperti sendok, gunting atau pisau harus diberi tali agar tidak melayang ke mana-mana dan melukai orang. Makanan yang mereka konsumsi kebanyakan roti instan yang tinggal diberi selai.

BACA JUGA: 

Ini semut terganas dunia, gigitannya bisa bunuh orang dalam 15 menit

Gigi tanggal pada orang dewasa pertanda mulai pikun

Malas sikat gigi bisa bikin kamu terkena serangan jantung, waduh!

5 Kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu

Bawang putih manjur usir sakit gigi, begini cara memakainya

Ini dia 5 cara ampuh alami memutihkan gigi

Atasi liur saat pemeriksaan gigi, mahasiswa ini bikin alat praktisnya

(brl/pep)