Brilio.net - Saat kamu berkunjung ke Jogjakarta, tepatnya di daerah Keraton, pasti tidak afdol rasanya jika tidak mampir ke Pasar Ngasem. Pasar yang terletak 400 meter dari kawasan Keraton ini mulanya dikhususkan untuk menjual berbagai macam burung-burung peliharaan. Namun sejak direlokasi pada tahun 2010, pasar ini berubah menjadi panggung pertunjukan. Lho kok bisa?

Memang jika dilihat dari depan, Pasar Ngasem terlihat seperti pasar-pasar lainnya. Setiap pagi hingga siang juga banyak pedagang yang berjualan bahan sembako, sayuran, baju hingga kuliner. Namun jika masuk lebih dalam, kamu akan menemukan sebuah panggung pertunjukan berbentuk lingkaran dengan tribun dari semen yang mengelilinginya untuk bangku penonton.

Setiap bulannya akan ada berbagai pertunjukkan kesenian mulai dari tari-tarian, musik hingga pementasan film. Bahkan saat brilio.net berkunjung ke sana, ada beberapa petugas yang memasang berbagai peralatan musik dan panggung. "Iya mau ada pertunjukan band di sana nanti," kata salah seorang tukang parkir kepada brilio.net, Jumat (29/5).

Uniknya Pasar Ngasem, tempat belanja sekaligus pentas seni pertunjukan

Uniknya Pasar Ngasem, tempat belanja sekaligus pentas seni pertunjukan

Yang membuatnya tambah eksotis, panggung pertunjukan di Pasar Ngasem memiliki latar belakang istana yang sangat indah. Istana tersebut terhubung langsung dengan kawasan wisata Tamansari. Jadi jika kamu mau ke Tamansari bisa masuk lewat sana secara gratis.

Selain panggung pertunjukan, kamu juga bisa menikmati aneka kuliner di sana. Setiap pagi akan ada berbagai pedagang yang menjual makanan kecil tradisional seperti lunpia, jenang, pastel, kue bolu dan ditutup dengan semangkok es dawet yang menyegarkan.

Nah tertarik ke Pasar Ngasem? Liburan tidak harus ke tempat mahal lho, kamu bisa juga merasakannya di pasar. Selamat liburan.