Brilio.net - The University of Texas memperkirakan 32 dari 1.000 orang di dunia ini adalah kembar. Beberapa penelitian bersepakat menyebut kembar identik terjadi dengan kebetulan belaka, kemudian itu akan diturunkan.

Jika ibu punya saudara kembar, maka kemungkinan anaknya terlahir kembar bisa empat kali lipat lebih besar dari ibu yang tidak kembar. Ras dan etnis ternyata punya peran penting dalam 'menciptakan' anak kembar.

Berikut ini adalah daerah-daerah yang melahirkan bayi kembar terbanyak, dikutip brilio.net dari amusingplanet.com, Jumat (8/5).

1. Igbo-Ora

Loading...

Unik, kota-kota di dunia ini dihuni orang kembar

Tingkat kelahiran kembar tertinggi di dunia salah satunya adalah di negara Nigeria bagian selatan di kota bernama Igbo-Ora. Penduduknya dikenal sebagai suku Yoruba. Sebanyak 45-50 pasangan kembar lahir dari 1.000 kelahiran. Artinya hampir 10% populasinya adalah kembar, sehingga kota ini dijuluki Twin Capital of the World.

Belum ada yang mampu membuktikan secara ilmiah mengapa bisa terjadi bayi lahir kembar. Namun penelitian dari  University of Lagos Teaching Hospital menjelaskan ada hubungan antara kelahiran bayi kembar dengan kebiasaan makanan yang dikonsumsi perempuan di sana.

Ditemukannya bahan kimia alami pada tubuh para wanita Igbo-Ora yang mampu menstimulus ovarium mengeluarkan sel ovum lagi. Diduga kuat ini berasal dari ubi jalar yang sehari-hari mereka konsumsi.   

2. Candido Godoi

Unik, kota-kota di dunia ini dihuni orang kembar

Kota ini berada di Brasil, dekat perbatasan Argentina. Tingkat kelahiran bayi kembarnya mencapai 10%. Kelahiran bayi kembar ini sudah terjadi sejak awal abad 20, sejak koloni kembar awal yang berjumlah 17 pasang dan kemudian menurun ke generasi berikutnya.

Beberapa peneliti menemukan gen yang terkait dan perkawinan sedarah adalah alasan paling kuat untuk tingginya jumlah warga kembar di sini.

3. Buzim

Unik, kota-kota di dunia ini dihuni orang kembar

Kota ini terletak di barat laut Bosnia. Buzim adalah wilayah yang mayoritasnya patriarkal yang memiliki tradisi keluarga besar dan memungkinkan pernikahan sedarah, yang tujuannya menjaga generasi agar tidak 'punah'.

Lebih dari 200 pasang warganya adalah kembar, dari total penduduk 20.000 orang. Fenomena warga kembar di Buzim diawali oleh seorang jurnalis Nedzib Vucelj yang istrinya melahirkan anak kembar pertama kali.

Vucelj menelusuri kota dan menemukan setidaknya ada 21 pasangan kembar di kota ini. Untuk memperluas jangkauan, dia membuat fanpage Facebook untuk menemukan lebih banyak lagi pasangan kembar yang ada di kota. Sejauh ini, dia menemukan 200 pasangan kembar.

4. Kodinhi

Unik, kota-kota di dunia ini dihuni orang kembar

Kodinhi merupakan sebuah desa di Kerala, India. Tercatat sebanyak 250 pasangan kembar hidup di sini, dengan total 2000 keluarga.

Tahun 2008 tercatat sebanyak 15 pasangan, pada 2009 sebanyak 60 pasangan, dan terus meningkat dari tahun ke tahun.