Brilio.net - Perguruan Tinggi di Indonesia semakin lama semakin menunjukkan kualitasnya. Hal itu tentu berpengaruh diakuinya perguruan tinggi di Indonesia dalam kancah dunia. Baru-baru ini, Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam jajaran Top 200 perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education BRICS & Emerging Economies Rankings 2016. Pemeringkatan tersebut baru saja dirilis pada Rabu (2/12) lalu.

Dalam rilis pemeringkatan terbaru tersebut, UI yang menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang masuk jajaran top 200 berada di peringkat ke-171.

Pemeringkatan ini dibuat oleh media Inggris Times Higher Education (THE) yang menilai ribuan universitas di 48 negara berkembang, termasuk negara-negara di area BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan). Dari 48 negara, hanya 35 negara yang berhasil masuk ke dalam jajaran 200 besar, termasuk Indonesia. THE adalah satu-satunya lembaga global pengukur kinerja universitas yang berbasis di London. Lembaga ini secara intensif dan konsisten menilai universitas-universitas di dunia lewat misi utama mereka, yaitu pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan dan wawasan internasional.

Metode pemeringkatan yang dilakukan THE menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh sivitas akademika. Lima indikator yang digunakan THE adalah kegiatan belajar mengajar (lingkungan pengajaran) sebesar 30%, jumlah dan volume penelitian 30%, jumlah kutipan 20%, kolaborasi internasional pada staf, mahasiswa dan riset sebesar 10%, serta jaringan universitas ke sektor industri sebesar 10%. Dengan begitu, lembaga harus menunjukkan standar kinerja yang tinggi di seluruh bidang pengajaran, penelitian, penilaian internasional dan link ke industri.

UI satu-satunya kampus Indonesia yang masuk Top 200 THE BRICS, top!

Loading...

Berada pada puncak Top 10 pemeringkatan THE BRICS & Emerging Economies Rankings 2016 ini adalah Peking University China. Diikuti di belakangnya adalah Tsinghua University (China), Lomonosov Moscow State University (Rusia), University of Cape Town (Afrika Selatan), National Taiwan University (Taiwan), University of the Witwatersrand (Afrika Selatan), University of Science and Technology of China, Zhejiang University (China), University of São Paulo (Brazil), dan Shanghai Jiao Tong University (China).

Prestasi tersebut tentu langsung mendapat tanggapan baik dari seluruh sivitas akademika dari salah satu kampus unggulan Indonesia itu. Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., mengatakan bahwa prestasi ini adalah hasil kerja keras seluruh sivitas akademika UI yang senantiasa memperbaiki kuantitas dan kualitas riset dengan penciptaan dan pengembangan aplikasi ilmu, teknologi dan bidang sosial kemanusiaan, sehingga mendukung UI masuk dalam jajaran world class university.

“Ini bukan hanya prestasi UI, tetapi juga prestasi bangsa Indonesia yang mampu menunjukkan bahwa kita punya sumber daya manusia yang mampu bersaing secara internasional,” terang Anis.

Prestasi ini tentu menambah prestasi yang telah dicapai UI untuk semakin mengokohkan posisinya sebagai world class university. Pada Agustus 2015 lalu, UI tercatat berada di peringkat 79 dari 100 universitas terbaik se-Asia dan peringkat 310 dunia versi QS World University Rankings. Pada bulan lalu, UI berhasil menambah sembilan peneliti dalam daftar peneliti terbaik versi Webometrics hingga kini jumlahnya menjadi 72 peneliti.

Wah... selamat ya UI!