Brilio.net - Kesulitan yang dihadapi oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) sebenarnya tidak hanya dalam berjuang memadamkan api, namun akses dalam mencapai lokasi kebakaran juga sangat mempengaruhi. Lokasi permukiman yang semakin padat membuat mobil pemadam kebakaran sulit menembus gang-gang sempit.

Permasalahan tersebut kemudian memunculkan inovasi unik oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja yang membuat motor pemadam kebakaran atau yang disebut dengan Torgadam (motor roda tiga pemadam kebakaran). Kendaraan tersebut adalah motor beroda tiga dan dilengkapi dengan tandon air di belakangnya. Sehingga ketika kebakaran terjadi di gang-gang sempit, Torgadam ini dapat segera diterjunkan ke lokasi.

"Torgadam ini nanti yang diharapkan sebagai pertolongan pertama jika terjadi kebakaran," jelas Sudarsono, Kepala Kantor Penanggulangan Kebakaran, Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota Jogja, Selasa (19/5).

Torgadam ini memakai mesin sepeda motor 4 langkah berkapasitas 200 cc, dengan daya angkut kendaraan 650 kg. Torgadam ini dilengkapi dengan pompa portable berkapasitas 18 tenaga kuda, dengan daya tekan pompa 7 bar pada selang berdiameter 2,5 inci dengan volume 550-650 liter/menit. Bila menggunakan selang berdiameter 1,5 inci, maka tekanan akan bertambah 30%. Daya semprot air pada sasaran yang tinggi bisa mencapai 8 meter. Pengoperasian Torgadam ini juga hanya membutuhkan 3 personel, yakni seorang supir dan dua orang sebagai operator dan eksekutor pemadaman.