Brilio.net - Sudah banyak orang yang meneliti nutrisi yang terkandung dalam kacang koro. Kacang ini memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Kandungan tersebut yang membuat kacang koro dijadikan pengganti kedelai dalam pembuatan tempe.

Tapi ternyata, selain memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan, kacang koro memiliki manfaat lain yang tak diduga orang sebelumnya. Manfaatnya ditemukan oleh Tri Mumpuni, lulusan Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam penelitian skripsinya. Dari risetnya dapat diketahui, kacang koro dapat digunakan sebagai penetral bisa ular kobra.

Untuk mengetahui khasiat itu, Tri menggunakan tikus sebagai hewan uji. Tikus-tikus itu disuntik ekstrak kacang koro. Beberapa lama kemudian disuntik bisa ular (venom). Hasilnya, sesaat setelah venom mengalir dalam pembuluh darah tikus, sel darah putih mengalami peningkatan yang signifikan. Namun peningkatan itu masih dalam batas wajar.

Sel darah putih yang meningkat itu menjadi pasukan terdepan untuk melawan venom dalam tubuh tikus. Tak lama setelah itu, jumlah sel darah putih akan menurun seperti pada kondisi awal, sebelum terkena venom. Hal itu menandakan kacang koro dapat meningkatkan imunitas dan mempercepat proses penyembuhan setelah terkena venom.

Efek positif lainnya adalah mencegah peradangan sistemik setelah venom menyebar dalam tubuh. Dengan begitu tikus tidak mengalami demam dan suhu tubuh terjaga dalam kisaran normal. Hasil itu menjadi bukti kacang koro dapat digunakan sebagai penetral venom tanpa efek samping.

Loading...

Keistimewaan kacang koro yang dapat menetralkan bisa ular ini dikarenakan kacang koro kaya akan protein lektin. Protein lektin dapat menstimulasi pembentukan antibodi. Antibodi inilah yang dapat menangkal racun ular.

Kebayang kan gimana hebatnya khasiat kacang koro. Buat jaga-jaga kalau suatu saat terkena bisa ular, lebih baik banyak-banyak konsumsi kacang koro mulai dari sekarang. Hitung-hitung investasi hidup, dari pada kamu harus keluar uang paling sedikit Rp 500 ribu untuk membeli anti bisa.